Gandeng 27 Pengembang, BTN Berikan Bunga KPR 7,5%

Jum'at, 09 Oktober 2015 - 17:22 WIB
Gandeng 27 Pengembang, BTN Berikan Bunga KPR 7,5%
Gandeng 27 Pengembang, BTN Berikan Bunga KPR 7,5%
A A A
JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mengajak kerja sama 27 pengembang besar di Indonesia untuk memberikan bunga kredit pemilikan rumah (KPR) murah kepada masyarakat. Suku bunga KPR yang akan diberikan sebesar 7,5% fixed rate selama dua tahun.

"Ini adalah terobosan yang dilakukan BTN bersama para pengembang besar nasional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan rumah. Skim KPR bunga murah ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk membeli rumah dengan mudah, murah dan cepat," ujar Direktur Kredit BTN Mansyur S Nasution dalam rilisnya di Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Mansyur menambahkan, semangat kerja sama dengan 27 pengembang tersebut adalah bagaimana bank bisa memberikan bunga murah dan pengembang siap dengan rumah yang layak untuk dibangun. Dengan sinergi ini diharapkan dapat ikut menyubsidi jumlah realisasi pembangunan sejuta rumah yang ditetapkan pemerintah.

Terdapat tiga segmen yang disasar pemerintah dalam mewujudkan program sejuta rumah, yakni masyarakat berpendapatan rendah, rendah-menengah dan menengah. "Namun kerja sama dengan 27 pengembang ini lebih pada sasaran rumah menengah dan menengah atas, " tegas Mansyur.

Setidaknya ada sekitar 137 proyek dari 27 pengembang, seperti Ciputra Grup, Duta Putra Grup, PP Properti, Adhi Persada, Gapura Prima Grup, Buana Kassiti Group, Lippo Homes dan yang lainnya sudah siap untuk mengimplementasikan program pemasaran rumah impian dengan suku bunga 7,5% tetap selama dua tahun.

Umumnya lokasi proyek berada di wilayah Jabodetabek, Serang, Bandung, Surabaya, Makassar dan beberapa wilayah lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Ke depan, kami akan mengajak pengembang yang lebih banyak dan siap untuk bersinergi dalam memberikan suku bunga murah. Kerja sama ini adalah awal sekaligus menjadi motivasi kepada pengembang lain untuk ikut memberikan dukungan dan bersinergi dengan BTN," jelasnya.

Menurut Mansyur, banyak hal yang dapat dikembangkan untuk dapat bekerja sama dalam mendukung program sejuta rumah yang ditetapkan oleh pemerintah. BTN bersama pengembang akan memberikan dukungan penuh demi kesuksesan program tersebut.

Bank BTN berdasarkan laporan bulanan Agustus 2015 yang dikirim ke BI mencatat, asetnya tumbuh menjadi sekitar Rp163,5 triliun, kredit Rp129,2 triliun, Dana Pihak Ketiga sekitar Rp122 triliun dengan laba lebih dari Rp1 triliun. Kredit perseroan tumbuh sekitar 19,02% atau berada diatas rata-rata industri bulan Juli 2015 pada kisaran 9,7%.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5884 seconds (0.1#10.140)