Gubernur BI Akan Diminta Hitung Fundamental Rupiah

Jum'at, 09 Oktober 2015 - 18:31 WIB
Gubernur BI Akan Diminta Hitung Fundamental Rupiah
Gubernur BI Akan Diminta Hitung Fundamental Rupiah
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution akan meminta Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo untuk menghitung fundamental rupiah sebenarnya.

Menurutnya, kondisi nilai tukar rupiah yang terus mengalami penguatan terhadap mata uang Negara Paman Sam harus ada hitungannya sampai kapan terjadi.

"Sebetulnya saya sedang usulkan juga ke teman-teman di BI menghitung fundamental rupiah per USD berapa? Perlu ada hitungan yang lebih dalam. Saya punya feeling-nya, tapi ya nanti," ujarnya di Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Kendati masih dalam tren menguat, lanjut dia, tetap harus waspada karena masalah perekonomian global belum selesai, apalagi di Tanah Air. (Baca: Rupiah Menuju Kenaikan Mingguan Terbaik Lebih dari Satu Dekade)

"Artinya, tidak berarti semua dengan begini bisa selesai. Ekonomi di dunia belum selesai persoalannya, apalagi ekonomi kita," jelas mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut.

Dia menambahkan, penguatan yang terjadi saat ini tidak aneh dan jangan langsung menarik kesimpulan.

"Jadi tidak ada yang aneh. Dengan situasi seperti ini, jangan tarik kesimpulan semua sudah beres, tapi tendensinya bagus," pungkasnya.

Baca:

Darmin Sempat Was-was Rupiah pada Rp13.800/USD

Rupiah Ditutup Ceria Mengakhiri Pekan
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3306 seconds (0.1#10.140)