Tiga Bank BUMN Tegaskan Utang dari China Belum Cair

Selasa, 13 Oktober 2015 - 13:10 WIB
Tiga Bank BUMN Tegaskan Utang dari China Belum Cair
Tiga Bank BUMN Tegaskan Utang dari China Belum Cair
A A A
JAKARTA - Tiga bank milik BUMN yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menegaskan, utang dari China Development Bank (CDB) dengan total USD3 miliar belum cair hingga saat ini.

Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo menyampaikan, utang tersebut akan diambil secara bertahap dalam jangka waktu tiga tahun. (Baca: Tiga Bank BUMN Dapat Utang dari Bank Pembangunan China).

"Belum cair, utang itu bisa diambil bulan ini, tahun ini, tahun depan, tidak diambil semua," ujarnya saat dihubungi Sindonews di Jakarta, Selasa (13/10/2015).

Haru menyampaikan, dana tersebut akan digunakan ketika ada proyek infrastruktur yang akan dibiayai oleh perseroan. Sementara saat ini belum ada sama sekali.

"Belum tahu kapan (cairnya), kan lihat dulu kalau ada proyeknya yang kita biayai, sekarang belum ada proyeknya," jelas dia.

Menurutnya, jika utang tersebut tidak dipakai dalam tiga tahun ke depan, akan menjadi hangus. "Ya pasti dipakai semua, kalau tidak, hangus setelah tiga tahun itu," katanya.

Dihubungi terpisah, Komisaris Independen Bank Mandiri Aviliani mengemukakan hal serupa, utang dari Negeri Tirai Bambu itu akan digunakan perseroan untuk pembiayaan jangka panjang.

"Itu kan belum masuk (utangnya). Ditarik bertahap, tidak langsung semuanya, peruntukan ke proyek infrastruktur semuanya. Pinjaman biasa yang kita perlukan karena kita tidak punya jangka panjang, kalau dana obligasi bunganya mahal, ini di bawah 2%," papar Aviliani.

Sebelumnya, Direktur Bisnis Banking II BNI Sutanto mengatakan, utang dalam mata uang USD yang sebanyak USD1 miliar dari China belum masuk ke kas perseroan. "Utangnya belum cair," pungkasnya.

Baca Juga:

Aneh! Utang Tiga Bank BUMN ke China Diklaim Dongkrak Rupiah

Ini Penjelasan Rini soal Utang 3 Bank BUMN dari China
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4129 seconds (0.1#10.140)