Pertumbuhan Kredit Baru Diprediksi Meningkat

Rabu, 14 Oktober 2015 - 00:07 WIB
Pertumbuhan Kredit Baru Diprediksi Meningkat
Pertumbuhan Kredit Baru Diprediksi Meningkat
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan kredit baru pada kuartal IV 2015 meningkat. Optimisme peningkatan kredit didorong perkiraan membaiknya kondisi ekonomi pada kuartal IV dan penurunan suku bunga kredit.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara menjelaskan, pada kuartal IV 2015 kredit modal kerja masih menjadi prioritas utama perbankan dalam penyaluran kredit. "Sebanyak 51,3% konsumen menyarakan akan memperketat penyaluran kreditnya pada kuartal IV," ujarnya di Jakarta, Selasa (13/10/2015).

Sementara itu, lanjut dia, sekitar 43,6% konsumen menyatakan kebijakan penyaluran kredit relatif sama dengan kuartal sebelumnya.

Menurut Tirta, pengetatan kredit akan dilakukan terhadap agunan kredit, premi yang dibebankan pada kredit yang berisiko dan perjanjian kredit.

Di samping itu, pertumbuhan kuartalan permintaan kredit baru pada kuartal III 2015 menguat dibandingkan kuartal sebelumnya. "Peningkatan kebutuhan pembiayaan nasabah dan optimisme membaiknya kondisi ekonomi ke depan menjadi faktor utama yang mendorong peningkatan penyaluran kredit baru selama kuartal III 2015," tandasnya.

Baca juga:

Kredit Perbankan Agustus Tembus Rp3.914 Triliun

BI Minta Perbankan Tidak Pungut Biaya Antarbank
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0986 seconds (0.1#10.140)