Mendag Apresiasi Pasar Santa dari Tradisional Jadi Tempat Gaul

Jum'at, 16 Oktober 2015 - 20:10 WIB
Mendag Apresiasi Pasar Santa dari Tradisional Jadi Tempat Gaul
Mendag Apresiasi Pasar Santa dari Tradisional Jadi Tempat Gaul
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong menjelang akhir pekan melakukan kunjungan ke Pasar Santa, Jakarta Selatan. Kunjungan ini untuk meninjau pasar-pasar yang biasa dilakukan Kementerian Perdagangan.

Menteri yang biasa disapa Tom Lembong ini tampak berinteraksi dengan para pedagang di lantai 1 Pasar Santa dan berbincang sejenak. "Sorry ya ganggu malamnya. Saya ke bawah dulu meninjau yang lain," ujarnya kepada orang-orang yang sedang menikmati santap malam, Jumat (16/10/2015)

Selain tinjauan ke lantai 1 yang biasa digunakan tempat nongkrong oleh anak-anak muda, Tom juga melakukan tinjauan ke pasar sayur yang berada di lantai bawah pasar. "Oh ini lantai pasar sayurnya ya," ujarnya, sambil bersalaman dengan pedagang sayur mayur di sana.

Kunjungan Mendag ke Pasar Santa yang dikenal sebagai pasar gaul tempat nongkrong anak muda ini karena dirinya ingin mempelajari bagaimana membentuk pasar tradisional menjadi populer.

Pasar Santa menjadi salah satu tempat yang berani berinovasi secara organik dan spontan meski pasar ini tergolong pasar tradisional.

"Saya mau lihat, mau belajar apa yang membuat pasar tradisional ini menjadi populer. Dan semoga ini bisa menjadi replikasi yang bisa dikembangkan di daerah lain," ujar Tom.

Mendag menilai positif langkah anak-anak muda yang berani bereksperimen dengan Pasar Santa saat ini. Karena pada awalnya, pasar ini bukan pasar pilihan anak muda untuk menghabiskan malam.

"Pasar ini sebelumnya enggak ada apa-apanya. Tiba-tiba atas inisiatif 1 orang membuka kedai kopi kemudian menjadi inspirasi yang lainnya.‎ Saya sangat menyambut baik dengan kreativitas ini," ujarnya.

Mendag Tom sendiri tiba di Pasar Santa sekira pukul 19.05 WIB. Kehadirannya langsung disambut baik oleh pengunjung pasar Santa yang sedang melakukan santap malam.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2978 seconds (0.1#10.140)