Ini Prediksi Gubernur BI Soal Ekonomi Kuartal III

Minggu, 18 Oktober 2015 - 23:38 WIB
Ini Prediksi Gubernur BI Soal Ekonomi Kuartal III
Ini Prediksi Gubernur BI Soal Ekonomi Kuartal III
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memprediksi, pertumbuhan ekonomi kuartal III/2015 sebesar 4,85% atau lebih baik dibandingkan kuartal I dan II yang hanya sebesar 4,7% dan 4,67%.

Perkembangan baik tersebut didasarkan pada capaian inflasi yang berada di tren rendah, apalagi BI yakin capaian inflasi di akhir tahun akan sesuai target sasaran, bahkan bisa lebih rendah dari target BI yakni 4% plus minus 1%.

"Kita lihat ada perbaikan di pencapaian inflasi, yang selama ini ditargetkan 4 plus minus 1%. Sekarang ini angka 4% itu sudah semakin bisa dicapai, sehingga mungkin malah bisa lebih rendah dari 4% inflasinya," kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo di Jakarta, Minggu (18/10/2015).

Selain itu, adanya perbaikan defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) yang mencatat penurunan juga menjadi pendorong perbaikan pertumbuhan ekonomi.

Pada kuartal III/2014, capaian CAD berada di kisaran USD9 miliar atau lebih tinggi dibandingkan kuartal II/2015 yang mencapai USD4 miliar. Di sisi lain, pada kuartal III/2014 CAD mencapai 3% dari Gross Domestic Product (GDP), sedangkan di kuartal III/2015 membaik di level 1,85% dari GDP.

"Ini menunjukan perbaikan pengendalian transaksi berjalan. Kalau sepanjang tahun 3,1% kalau bisa nanti akhir tahun di kisaran 2% atau 2,1%. Artinya itu menunjukkan kondisi CAD yang semakin terkendali," ujar dia.

Meski demikian, lanjut Agus, Indonesia harus memberi perhatian kepada services dan pendapatan, karena untuk neraca jasa masih tetap defisit.

Smentara, neraca pendapatan juga masih besar defisitnya, meski sedikit lebih rendah dari 2014. Dengan kondisi seperti itu, ada potensi untuk satu kebijakan moneter yang lebih longgar.

"Jadi Kekhawatiran dunia, yang mengatakan Indonesia akan melambat seperti Brasil, Rusia, Afrika Selatan atau Turki ternyata tidak. Kita harus berjuang agar kuartal IV juga bisa lebih baik, ini bagian dari perkembangan yang kita perhatikan," papar Agus.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0409 seconds (0.1#10.140)