Disebut Pembangkang, Ini Pembelaan RJ Lino

Sabtu, 31 Oktober 2015 - 07:29 WIB
Disebut Pembangkang, Ini Pembelaan RJ Lino
Disebut Pembangkang, Ini Pembelaan RJ Lino
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) RJ Lino mengaku memiliki alasan yang masuk akal atas sikap pembangkangan yang dituduhkan Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli lantaran Lino tidak mengikuti perintahnya.

Rizal memerintahkan Lino untuk memberlakukan sistem first come first serve kepada kontainer yang masuk di Pelabuhan Tanjung Priok. (Baca: Rizal Ramli Sebut RJ Lino Membangkang).

Lino menjelaskan, sistem first come first serve yang diajukannya kepada Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno tersebut telah dipelajarinya. Termasuk terkait denda pinalti Rp5 juta untuk kontainer yang menginap di pelabuhan selama lebih dari tiga hari.

"Surat itu sudah saya jawab ke Menteri BUMN, Menhub, Menteri bidang Perekonomian, ke Menko Rizal Ramli dan Wakil Presiden," katanya di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Menurutnya, first come first service tidak bisa dilaksanakan di Pelabuhan Tanjung Priok karena kapal penumpang, kapal Badan Urusan Logistik (Bulog) yang mengangkut makanan tidak boleh dibiarkan menunggu‎ dan harus diprioritaskan untuk masuk duluan.

"Kapal penumpang itu datang enggak boleh nunggu. Harus masuk duluan. Kapal Bulog makanan harus duluan. Kapal lain harus ngalah," tutur dia. (Baca: RJ Lino Bantah Tuduhan Rizal Ramli soal KA Pelabuhan).

Selain itu, Pelabuhan Tanjung Priok sedianya memiliki enam terminal kontainer internasional dan enam terminal domestik yang memiliki klien masing-masing untuk menjadi prioritas.

"Terminal-terminal ini punya klien sendiri-sendiri enggak bisa kliennya di situ dipindahkan ke tempat lain. Masing-masing klien itu punya window-nya di pelayanan itu. Jadi saya bilang maaf Pak dengan terpaksa saya tidak bisa melaksanakan first come first service, karena itu enggak bisa di Priok. Karena itu bukan hal yang lazim di pelabuhan‎," tandasnya.

Baca Juga:

Di Depan Pansus DPR, Rizal Kupas Tujuh Pelanggaran RJ Lino

Rizal Ramli: Pelindo II Cetak Laba Terbesar, Itu Bohong!

Rizal: RJ Lino Jangan Jumawa, Ini Sudah Waktunya Disetop
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5467 seconds (0.1#10.140)