Data Inflasi Bayangi Laju Rupiah Pekan Depan

Minggu, 01 November 2015 - 12:05 WIB
Data Inflasi Bayangi Laju Rupiah Pekan Depan
Data Inflasi Bayangi Laju Rupiah Pekan Depan
A A A
JAKARTA - Rilis data inflasi pada Senin (2/11/2015) diperkirakan akan membayangi laju rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada pekan depan.

Analis Teknikal PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya, sentimen atas pergerakan rupiah pekan depan akan lebih dipengaruhi sentimen domestik.

"Saya melihat lebih ke arah dalam negeri sebetulnya. Minggu depan ada rilis data ekonomi, pasti itu mempengaruhi.‎ Jadi dalam negeri ini yang agak cukup kuat. Tapi tergantung nanti pemerintah cukup bagus atau tidak dalam mengendalikan inflasi atau tidak," kata dia kepada Sindonews di Jakarta, Minggu (1/11/2015).

Meski demikian, sentimen dari luar yang juga memberi imbas adalah hasil pertemuan Federal Reserve (The Fed) soal suku bunga (Fed rate), yang membuka peluang untuk menaikkan suku bunga pada Desember tahun ini. Namun sentimen itu, menurut William, sangat minim pengaruhnya karena mereka sudah menggaungkan rencana tersebut cukup lama.

"Sebetulnya (The Fed) bukan tidak berpengaruh, tapi efeknya cendrung minim. Karena (kenaikan suku bunga) sudah digaungkan setahun lebih. Kalaupun memberikan tekanan, harusnya cukup terbatas. Setelah itu, pasti akan balik normal lagi," pungkasnya.

Dia memprediksi, rupiah pekan depan akan bergerak pada kisaran Rp13.600-Rp13.900/USD. Pada akhir pekan ini, posisi rupiah berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI pada level RpRp13.639/USD, terdepresiasi 77 poin dari posisi kemarin di Rp13.562/USD.

Baca:

Yuan Terbang Tinggi, Rupiah Ditutup Tenggelam

Rupiah Masih Rawan, Pemerintah Harus Ciptakan Ini
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4857 seconds (0.1#10.140)