Laju Rupiah Berpotensi Melanjutkan Koreksi

Senin, 02 November 2015 - 08:40 WIB
Laju Rupiah Berpotensi Melanjutkan Koreksi
Laju Rupiah Berpotensi Melanjutkan Koreksi
A A A
JAKARTA - Laju nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada hari ini diperkirakan memiliki potensi melanjutkan koreksi.

"Masih adanya ketidakpastian membuat laju rupiah dapat bergerak variatif. Apalagi jika data-data di awal pekan tidak sesuai estimasi maka dapat membuat laju rupiah dapat melanjutkan pelemahannya," ujar Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Senin (2/11/2015).

Karena itu, dia menyarankan untuk tetap mencermati sentimen yang akan muncul. Reza memprediksi rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia akan berada pada rentang Rp13.645-Rp13.620/USD.

Sementara posisi rupiah berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI di akhir pekan lalu pada level RpRp13.639/USD, terdepresiasi 77 poin dari posisi kemarin di Rp13.562/USD. (Baca: Yuan Terbang Tinggi, Rupiah Ditutup Tenggelam)

Menurut dia, belum tuntasnya pembahasan rapat anggaran di DPR membuat pelaku pasar wait and see, sehingga mengurangi dorongan positif. Tidak hanya itu, adanya potensi ketidakpastian akan kondisi makro ekonomi turut direspon negatif.

Apalagi Bank Indonesia melalui pernyataannya dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) lalu, ada ruang untuk melakukan pelonggaran dengan adanya perkembangan ekonomi domestik.

"Tapi pelaksanaan pelonggaran itu harus pertimbangkan kondisi dunia yang dapat memberikan ketidakpastian di pasar keuangan," pungkasnya. (Baca: Data Inflasi Bayangi Laju Rupiah Pekan Depan)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7929 seconds (0.1#10.140)