Inflasi Oktober China Melambat

Selasa, 10 November 2015 - 10:36 WIB
Inflasi Oktober China Melambat
Inflasi Oktober China Melambat
A A A
BEIJING - Inflasi China pada Oktober naik 1,3% atau jauh lebih rendah dibanding 1,6% pada bulan sebelumnya. Angka tersebut di bawah ekspektasi yang naik 1,5%.

Seperti dikutip dari The Economic Times, Selasa (10/11/2015), indeks harga produsen (PPI) turun 5,9% pada Oktober dari periode sama tahun lalu atau stagnan dari bulan sebelumnya dan sedikit lebih buruk dari perkiraan ekonom dari penurunan 5,8%.

Inflasi yang lemah lantaran terjadi penurunan harga produsen dan harga konsumen naik, hasil dari harga komoditas melemah tajam pada 2015. Namun, hal ini mencerminkan perlambatan pertumbuhan permintaan barang.

Perusahaan industri berat dan penambang, akibat merosotnya sektor real estate. The Luan Group, penambang batu bara bulan lalu mengatakan, tidak punya pilihan selain memangkas produksi dan menempatkan pekerja untuk cuti namun tidak dibayar.

China sudah dalam siklus pelonggaran terbesar sejak puncak krisis keuangan, namun inflasi yang rendah menunjukkan suku bunga riil tetap tinggi bagi banyak perusahaan.

Bank sentral juga telah memangkas suku bunga acuan hingga enam kali sejak November tahun lalu dan berulang kali mengurangi rasio persyaratan cadangan bank.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4609 seconds (0.1#10.140)