Harga Minyak AS Jatuh karena Sentimen Jepang

Rabu, 11 November 2015 - 09:45 WIB
Harga Minyak AS Jatuh karena Sentimen Jepang
Harga Minyak AS Jatuh karena Sentimen Jepang
A A A
SINGAPURA - Harga minyak mentah Amerika Serikat (AS) jatuh pada awal perdagangan Asia hari ini setelah data industri menunjukkan stok minyak AS meningkat, ditambah kekhawatiran ekonomi Jepang mungkin telah jatuh ke dalam resesi.

Patokan minyak mentah berjangka AS merosot ke level terendah dalam dua pekan pada USD43,55/barel dan diperdagangkan turun lebih dari USD0,5 dari penutupan terakhir mereka di USD43,68. Penurunan harga, di tengah meningkatnya bursa saham di Amerika Utara dan melambatnya ekonomi di Asia.

Data American Petroleum Institute menunjukkan, stok minyak mentah AS melonjak 6,3 juta barel dalam pekan yang berakhir 6 November menjadi 486,1 juta, dibanding dengan ekspektasi analis dengan kenaikan 1 juta barel.

Di sisi permintaan, survei Reuters menunjukkan bahwa kepercayaan di antara produsen Jepang jatuh pada November untuk bulan ketiga berturut-turut dalam lebih dari dua tahun. Ini mencerminkan kekhawatiran bahwa perlambatan China yang dipimpin permintaan luar negeri mungkin telah mendorong negara ekonomi kedua terbesar di Asia ke dalam resesi.

"Melemahnya aktivitas manufaktur global menekan permintaan energi," kata JBC Energy, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (11/11/2015).

JBC Energy menambahkan bahwa pihaknya memperkirakan penurunan yang signifikan dalam pertumbuhan permintaan minyak pada tahun depan.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6281 seconds (0.1#10.140)