Inflasi Zona Euro Oktober Naik Jadi 0,1%

Selasa, 17 November 2015 - 13:51 WIB
Inflasi Zona Euro Oktober Naik Jadi 0,1%
Inflasi Zona Euro Oktober Naik Jadi 0,1%
A A A
YEREVAN - Inflasi di zona euro telah direvisi naik menjadi 0,1% pada Oktober oleh badan statistik Uni Eropa, Eurostat. Hal inidikarenakan harga sayuran, buah dan restoran naik, namun harga bahan bakar jauh lebih rendah dari tahun lalu.

Seperti dikutip dari Panarmenian, Selasa (17/11/2015), sebelumnya telah diperkirakan bahwa tingkat inflasi nol, penurunan harga energi telah diimbangi pertumbuhan harga pangan. Harga tetap tenang, menjaga tekanan pada European Central Bank (ECB) untuk merevisi kebijakan moneter.

Pada Oktober, harga sayuran naik 9,4%, buah naik 6,2%, dan restoran naik 1,5%. Faktor utama yang membuat harga dari kenaikan lebih lanjut pada Oktober yaitu energi atau 8,5% lebih rendah dari 12 bulan sebelumnya.

Dari negara zona euro, Siprus memiliki tingkat inflasi tahunan Oktober terendah 1,8%, sedangkan Malta memiliki tingkat tertinggi 1,6%. Meskipun zona euro kembali ke inflasi positif, namun tekanan tetap pada ECB untuk memudahkan kebijakan moneter lebih lanjut.

Pada Maret, ECB meluncurkan program pembelian obligasi pemerintah untuk memompa uang tunai ke dalam perekonomian zona euro dan mempercepat pertumbuhan harga. Bank sentral secara luas diharapkan untuk memperluas program stimulus pada pertemuan Desember.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8074 seconds (0.1#10.140)