Pengamat: JK Jangan Minta BI Rate Turun Secara Terbuka

Kamis, 19 November 2015 - 13:00 WIB
Pengamat: JK Jangan Minta BI Rate Turun Secara Terbuka
Pengamat: JK Jangan Minta BI Rate Turun Secara Terbuka
A A A
JAKARTA - Pengamat pasar modal Roy Sembel mengemukakan, seharusnya Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) jangan meminta penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) secara terbuka.

"Pak JK seharusnya tidak meminta BI rate turun secara terbuka apalagi dilakukan di publik," ujarnya di Jakarta, Kamis (19/11/2015).

Menurutnya, jika permintaan JK tersebut terlontar di depan publik, maka akan menimbulkan persepsi miring atas independensi BI.

Roy menyampaikan, di tengah inflasi yang rendah memungkinkan BI bisa melonggarkan kebijakan moneter seperti menurunkan BI rate.

Kendati demikian, dia menjelaskan, dalam memutuskan akan menurunkan suku bunganya atau tidak, BI tidak boleh mendapatkan intervensi dari siapapun, termasuk pemerintah.

Hal ini, lanjut dia, akan membuat publik jadi dilema ketika BI rate nanti benar-benar turun dengan pandangan adanya intervensi dari pemerintah.

"Jadi dilema ketika beneran turun, seolah dipaksa pemerintah, jadi independensi dari Bank Indonesia bisa dipertanyakan," pungkas Roy.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5404 seconds (0.1#10.140)