Ini Penyebab Galau Pascapensiun

Selasa, 24 November 2015 - 06:14 WIB
Ini Penyebab Galau Pascapensiun
Ini Penyebab Galau Pascapensiun
A A A
BUSINESS Coach Golden Wealth Lyra Puspa mengemukakan, banyak mantan karyawan atau pegawai yang pascapensiun menjadi galau karena mayoritas tidak siap.

Berdasarkan data, dia mengungkapkan, kegalauan terjadi lantaran belum siapnya pensiun secara finansial. Akibatnya, enam dari 10 pensiunan tidak siap menghadapinya.

"Data dari Femina ternyata menunjukkan kecerdasan finansial rendah, 6 dari 10 orang tak siap pensiun. Apalagi sebagian besar pensiunan ini depresi," ujarnya dalam seminar yang diselenggarakan Sindo Trijaya dengan tema 'Ready to Retire: Siapkah Anda di PHK?' di Jakarta, Senin (23/11/2015).

Menurutnya sebelum memasuki masa pensiun, para pegawai sudah harus memiliki pola investasi dan bisnis yang bisa menunjang kelangsungan hidupnya ke depan.

"Kalau jadi entrepreneur, tidak bisa langsung mengambil, 90% tidak bisa langsung ke entrepreneur. Butuh keseimbangan antara bisnis dan investasi," jelas Lyra.

Dia menjelaskan, perlu adanya pengetahuan soal mengelola uang, tak hanya sudah mendekati masa pensiun tapi jauh sebelum itu. Pasalnya, menurut dia, kenaikkan gaji tiap tahun tidak bisa menutupi laju inflasi yang diperkirakan masih tinggi, yang menyebabkan nilai uang semakin menurun tiap tahun. (Baca:

"Kenaikan gaji per tahun 10% rata-rata, bisa dikurangi inflasi? Sekarang berapa? Kalau setiap tahun 10% kenaikan gaji dikurangi inflasi, berapa persen sebenernya kenaikkan?" pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5588 seconds (0.1#10.140)