Bea Cukai Habiskan Dana Rp3 Miliar Tiap Dua Pekan

Rabu, 25 November 2015 - 00:34 WIB
Bea Cukai Habiskan Dana Rp3 Miliar Tiap Dua Pekan
Bea Cukai Habiskan Dana Rp3 Miliar Tiap Dua Pekan
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea Cukai menghabiskan dana Rp3 miliar setiap dua pekan untuk melakukan patroli guna membasmi barang ilegal yang beredar melalui pelabuhan di sepanjang pesisir Pulau Sumatera.

Kasubdit Intelijen Ditjen Bea Cukai Imron mengatakan, uang tersebut digunakan buat penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dari kapal yang berpatroli.

"Patroli, BBM mahal, bahan baku BBM sehari bisa 12 jam-16 jam patrolo. Kapal berlabuh sebentar, untuk 10 hari patroli atau dua minggu habiskan BBM Rp300 jutaa-n tiap kapal," ujarnya kepada Sindonews di Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Imron menyampaikan, total ada sepuluh kapal yang melakulan patroli di sepanjang pesisir Sumatera. Pasalnya, wilayah ini paling riskan dimasuki barang impor ilegal. "Importir justru banyak yang masuk dari sisi timur Sumatera. Penyelundupan dari sana," jelasnya.

Sementara, lanjut dia, wilayah lain yang diwaspadai, yaitu Kalimantan dan Sulawesi, khususnya Makassar. Sedangkan, di sepanjang pesisir Jawa masih aman.

"Di Jawa tidaklah (aman), di Selat Makassar, lalu Kalimantan, intensitas patroli tinggi. Barang yang wajib SNI sebagian besar masuk dari pelabuhan utama dengan cara gunakan Indonesia single window," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3007 seconds (0.1#10.140)