Rupiah Diperkirakan Bertahan Menguat

Kamis, 26 November 2015 - 08:15 WIB
Rupiah Diperkirakan Bertahan Menguat
Rupiah Diperkirakan Bertahan Menguat
A A A
JAKARTA - Laju rupiah pada hari ini diperkirakan masih berkesempatan untuk tetap kuat dengan asumsi masih adanya peningkatan pada sejumlah harga komoditas.

"Maka dapat mengimbangi laju dolar Amerika Serikat (USD)," ujar Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Kamis (26/11/2015).

Dia memprediksi rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia akan berada pada rentang Rp13.660-Rp13.685/USD. Sedangkan, sempat dikhawatirkan akan melemah, namun laju rupiah kemarin dapat berbalik menguat.

"Laju rupiah mampu mengesampingkan kekhawatiran kami akan potensi pelemahan sekaligus menjawab harapan kami agar rupiah juga diberikan kesempatan untuk dapat berada di zona hijau," jelas Reza.

Penguatan terjadi setelah terimbas pembalikan arah melemah dari USD, di mana terimbas meningkatnya sejumlah harga komoditas.

Hal itu pasca merespon kejadian tertembaknya pesawat perang Rusia oleh angkatan bersenjata Turki yang dikhawatirkan akan terjadi peningkatan tensi geopolitik antara Rusia dan Turki yang akan meluas.

Meski laju EUR melemah terhadap USD namun, diimbangi dengan terapresiasinya GBP. "Selain itu, perkiraan BI terhadap pertumbuhan ekonomi di 2016 di level 5,2%-5,6% dan akan dipertahankannya level BI rate turut menambah sentiment positif," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4251 seconds (0.1#10.140)