Jelang Lebaran, Ganjar Operasi Pasar Pantau Harga Bahan Pokok

Rabu, 05 April 2023 - 14:30 WIB
loading...
Jelang Lebaran, Ganjar Operasi Pasar Pantau Harga Bahan Pokok
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan operasi ke Pasar Johar Semarang, Rabu (5/4/2023). FOTO/dok.Istimewa
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melakukan operasi ke Pasar Johar Kota Semarang untuk memantau harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah dan libur lebaran.

Dalam operasi pasar kali ini, Ganjar menemukan bahwa harga bahan pokok saat ini cenderung stabil. Namun demikian, ada kenaikan pada komiditas bawang putih dari harga Rp28 ribu kini berkisar Rp31 ribu.



Meskipun naik, Ganjar menyebut masih di bawah harga acuannya. Adapun, harga acuan atau harga tertinggi bawang putih yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian berkisar Rp32 ribu.

"Kita melihat harga-harga yang ada di sini. Kalau bahan pokok sih relatif tadi masih stabil ya, bawang putih, bawang merah. Bawang putihnya relatif stabil, bawang merahnya itu agak sedikit naik tapi masih di di bawah harga acuannya," kata Ganjar dalam rangkaian operasi pasar, Rabu (5/4/2023).

Ganjar mengatakan, operasi pasar yang dilakukan kali ini merupakan upaya Pemprov Jateng untuk menstabilkan harga bahan pokok menjelang lebaran. Sebab itu, kata Ganjar, operasi pasar masih akan terus dilakukan sampai mendekati Hari Raya Idulfitri.

"Kita masih akan cek terus harga-harga menjelang lebaran nanti ya," kata Ganjar.

Selain memantau harga komoditas, Ganjar juga mengecek harga-harga pakaian di pasar tersebut. Menurut Ganjar, suasana lebaran sudah begitu terasa meskipun Idulfitri relatif masih lama.

"Pakaiannya sudah terasa kenaikannya. Rasa-rasanya suasana lebarannya sudah mulai ada ya. Jadi ini geliat ekonomi yang cukup bagus dan kita masuk sengaja pasar-pasar yang tradisional," kata Ganjar.



Sebelumnya, Ganjar terus menggalakan pemantauan komoditas kebutuhan pokok dan operasi pasar untuk mencegah inflasi daerah. Hal itu diungkapkan Ganjar usai Rakor Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

"Mudah-mudahan minggu ini kawan-kawan akan turun, melihat dan mengecek ke pasar mana-mana yang kurang dan harus diintervensi," kata Ganjar di Gedung Gradhika Bhakti Praja pada Senin (27/3).
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2215 seconds (0.1#10.140)