3 Hal Ini Bisa Mengurangi Pahala Puasa

Kamis, 06 April 2023 - 09:07 WIB
loading...
3 Hal Ini Bisa Mengurangi Pahala Puasa
Hal-hal yang harus dihindari oleh tiap muslim karena dapat mengurangi pahala ibadah puasa yang dijalankan, salah satunya berghibah. Foto ilustrasi/dok darulquran
A A A
Ramadan merupakan bulan mulia berlimpahnya pahala, karena itu umat Islam dari belahan dunia berlomba-lomba dalam kebaikan untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya pahala.

Namun, tanpa disadari, ternyata terdapat beberapa hal yang ternyata bisa mengurangi pahala puasa seorang hamba. Nah, berikut ini penjelasan terkait hal-hal yang harus dihindari oleh tiap muslim karena dapat mengurangi pahala ibadah puasa yang dijalankan. Yuk, simak lengkapnya di bawah ini!

1. Tidur berlebihan

Meski dalam Islam, tidurnya orang berpuasa bernilai ibadah. Namun, itu semua tergantung juga pada tujuan dan niat awal dari tidurnya tersebut. Karena hakikatnya, tujuan dari berpuasa sendiri ialah meningkatkan amal ibadah.
Namun, banyak orang justru menghabiskan bulan penuh berkah tersebut dengan memperbanyak tidur hingga dijadikan momen untuk bermalas-malasan karena alasan berpuasa.

Orang yang tidur sepanjang hari saat puasa Ramadan akan mengurangi nilai pahala yang didapatnya. Hal tersebut karena terlalu banyak tidur dapat menurunkan aktivitas ibadah seorang hamba. Padahal, semestinya tiap insan, menjadikan puasanya untuk lebih produktif memperbanyak amal shaleh. Mulai dari meningkatkan shalat sunah, lebih dekat dengan membaca Al-Qur’an, perbanyak sedekah, selalu ikut dalam barisan shalat berjamaah, dan beragam amal kebaikan lainnya.

2. Tidak menjaga lisan

Hakikatnya, puasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga saja. Lebih dari itu, puasa juga dijadikan sarana untuk melatih dan mengontrol diri kita dari beragam hal yang dapat membatalkan puasa.
Orang yang berpuasa hendaknya menjaga lisan dan anggota tubuh lainnya dari segala hal yang dapat mendatangkan dosa. Salah satu tugas kita selama berpuasa ialah menjauhkan diri dari bergosip, berdusta, bergunjing, bertengkar, hingga berkata kasar yang dapat melukai hati orang lain. Meski tak membatalkan ibadah puasa, namun bisa mengurangi nilai pahala yang kita dapat.

3. Mengeluh lapar dan haus

Berpuasa merupakan salah satu ujian bagi hamba untuk dapat menahan diri agar tidak mengeluh terhadap kondisi apapun termasuk haus dan lapar.

Walau sepele, mengeluh ternyata dapat mengurangi pahala puasa. Karenanya, selama menjalaninya, umat Muslim hendaknya mengurangi mengeluh. Termasuk keluhan karena beratnya menahan lapar ataupun dahaga.
Coba ingat Kembali segala nikmat yang telah diperoleh selama ini dan pandailah bersyukur karena sesungguhnya dengan ibadah puasa Ramadan menjadi peluang bagi seorang hamba untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan kesabaran yang dilakukannya selama puasa.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2054 seconds (0.1#10.140)