JK: Ketersediaan Rumah Cermin Keadilan Bangsa

Rabu, 02 Desember 2015 - 11:01 WIB
JK: Ketersediaan Rumah Cermin Keadilan Bangsa
JK: Ketersediaan Rumah Cermin Keadilan Bangsa
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengatakan, persoalan penyediaan rumah menjadi bagian sangat penting dalam kehidupan dan ekonomi bangsa. Ketersediaan rumah bagi masyarakat cermin keadilan bangsa.

Hal tersebut dikatakan JK usai menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Realestat Indonesia (REI) ke-16 di Hotel The Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta.

Dia mengatakan, setidaknya terdapat tiga alasan mengapa perumahan menjadi bagian sangat penting dalam kehidupan dan ekonomi bangsa. Pertama, indikasi kemajuan bangsa tercermin dengan tersedianya akses perumahan bagi masyarakat.

"‎Dalam setiap bangsa, indikasi kemajuan dan kemakmurannya tercermin dalam perumahan yang disediakan untuk masyarakat," katanya di Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Kedua, karena rumah mencerminkan keadilan suatu bangsa. Tanpa ketersediaan perumahan yang seimbang, ‎maka tidak akan ada keadilan bangsa.

Ketiga, ‎perumahan menjadi indikator kemajuan perekonomian suatu negara. Setiap pembangunan perumahan menciptakan multiplier effect besar bagi masyarakat di sekitarnya.

"‎Industri banyak yang tumbuh, seperti semen, baja, atap, genteng, paku, kunci. Setiap pelemahan industri perumahan menyebabkan pelemahan daripada industri terkait," imbuh dia.

‎Sebab itu, sambung JK, fungsi REI sebagai wadah pengusaha properti sangat penting guna mengoordinasikan seluruh pertumbuhan industri perumahan. "Fungsi REI untuk mengoordinasikan seluruh pertumbuhan industri perumahan itu sangat penting," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.7326 seconds (0.1#10.140)