5 Jurusan Kuliah IPS yang Sulit Diambil Anak IPA, Cek Daftarnya

Senin, 10 April 2023 - 01:35 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah IPS yang Sulit Diambil Anak IPA, Cek Daftarnya
Jurusan Komunikasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - IPA dan IPS adalah 2 jurusan di Sekolah Menengah Atas ( SMA ) yang dihadirkan untuk mengetahui minat dan bakat masing-masing peserta didik.

Kehadiran kedua jurusan itu kemudian menimbulkan stereotipe tersendiri, di mana anak jurusan IPA disebut cenderung lebih tertutup dan anak IPS yang sangat mudah bergaul.



Menuju ke bangku kuliah, ada beberapa jurusan IPS yang akan sulit diambil anak IPA. Apa saja?

Berikut daftar jurusan IPS yang sulit diambil anak IPA:


1. Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi adalah jurusan favorit bagi para anak IPS. Pasalnya, anak IPS dididik untuk bisa leluasa dalam berkomunikasi dengan orang-orang sekitarnya sehingga tidak terkesan kutu buku.

Karena sudah terbiasa berbicara di depan umum, maka mudah bagi anak IPS untuk masuk ke jurusan ilmu komunikasi. Sementara itu, jurusan ini akan sulit diikuti oleh anak IPA.

Sebab, mereka terbiasa berhadapan pada ilmu dan perhitungan yang pasti, sehingga cukup sulit untuk percaya diri dalam melakukan komunikasi dengan orang lain, bahkan orang banyak.

Untuk prospek kerjanya, alumnus ilmu komunikasi bisa memiliki pekerjaan di berbagai bidang, mulai dari sutradara film, jurnalis, humas, hingga pembuat konten.

2. Sejarah

Terbiasa berkutat pada perhitungan rumus, anak IPA rasanya cukup sulit untuk memilih jurusan sejarah. Sebab, jurusan ini sarat akan hafalan dan materi bacaan yang berlimpah.

Di sisi lain, sejarah dipelajari secara rinci dan mendalam di jurusan IPS, sehingga anak-anak IPS tidak mengalami kesulitan berarti ketika berkuliah di jurusan ilmu sejarah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3315 seconds (0.1#10.140)