Menperin Terkesan Strategi Jitu IKM Pasarkan Produk

Selasa, 22 Desember 2015 - 16:37 WIB
Menperin Terkesan Strategi Jitu IKM Pasarkan Produk
Menperin Terkesan Strategi Jitu IKM Pasarkan Produk
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengaku terkesan dengan strategi jitu yang dilakukan para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam memasarkan produknya. Dia juga menekankan pentingnya mengembangkan industri berbasis cita rasa dan budaya lokal.

Menurutnya produk kreatif yang punya ciri khas merupakan nilai jual tiap kawasan untuk dipasarkan dan dipopulerkan.

“Kreativitas rekan-rekan pelaku usaha kecil menengah di desa menjadi strategi jitu untuk pemasaran produk. Ini menjadi bagian dari ‘branding’ sehingga lebih fokus dan terus berkembang,” jelasnya saat menyerahkan Piagam One Village One Product (OVOP) di Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta, Selasa (22/12/2015).

OVOP yang digelar oleh Ditjen Kemenperin merupakan upaya menggerakkan masyarakat secara bottom-up. Setiap daerah mengolah potensi alam yang dimiliki menjadi produk yang spesifik dan khas untuk selanjutnya dipasarkan, baik di daerah lokal sendiri, nasional maupun tujuan ekspor.

Dia menambahkan Indonesia memiliki sumber daya alam yang beraneka ragam yang jika diolah tercipta produk spesifik dan khas berbasis kekayaan budaya atau kearifan lokal. “Produk kreatif tiap desa juga berpotensi menjadi tujuan wisata. Baik produknya sendiri, proses produksi hingga lingkungan sekitar tempat IKM berada,” tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1948 seconds (0.1#10.140)