Cek Harga di Pasar Kudus, Ganjar: Harga Stabil Sembako Lancar

Sabtu, 15 April 2023 - 09:30 WIB
loading...
Cek Harga di Pasar Kudus, Ganjar: Harga Stabil Sembako Lancar
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengecek harga kebutuhan pokok di Pasar Kliwon, Kabupaten Kudus, Jateng. FOTO/dok.Istimewa
A A A
KUDUS - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengecek harga kebutuhan pokok di Pasar Kliwon, Kabupaten Kudus, Jateng menjelang lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar mengecek harga bahan pokok (bapok) seperti beras, telur, minyak, dan cabai. Ganjar mengatakan, distribusi sembako ke Pasar Kliwon relatif lancar.

“Kalau lihat dari harga-harga sih sama ya relatif stabil. Kalau soal yang sembako lancar,” kata Ganjar di lokasi, Jumat (14/4/2023).



Namun demikian, Ganjar menyebut di Pasar Kliwon ini telah terjadi peningkatan pembelian pakaian. Berdasarkan dialog dengan pedagang, kata Ganjar, mayoritas baju baru dibeli penjual eceran.

“Tapi rasa-rasanya sudah mulai banyak ya yang pakai baju baru. Ini kita lihat di Kudus ini pasarnya dipakai tempat untuk pakaian, lebih banyak yang belanja bakul-bakul,” kata Ganjar.

Di sisi lain, Ganjar menyebut harga-harga pakaian yang dibeli relatif stabil meskipun sejumlah merk mengalami kenaikan.

Sebab itu, Ganjar merasa geliat ekonomi di Pasar Kliwon sudah sangat terasa. Ganjar berharap kondisi ini terus berjalan dan pasikan barang selalu lancar di pasaran.

“Yang di Kudus ini yang banyak sirkulasi pakaian. Distribusi pakaian dari Rembang sampai ke Pati tadi. Harganya relatif stabil. Ini menunjukkan geliat ekonominya menjelang lebaran sudah terasa. Mudah-mudahan pasokan-pasokan barangnya juga bagus,” katanya.

Sebelumnya, Ganjar gencar mengecek harga kebutuhan pokok di pasar-pasar wilayah Jateng menjelang lebaran 2023. Ganjar ingin memastikan stabilitas harga tetap terwujud sehingga masyarakat bisa berlebaran dengan bahagia.



Adapun sejumlah pasar yang sudah dicek Ganjar antara lain Pasar Johar Kota Semarang, Pasar Celo dan Cepogo di Boyolali, Pasar Legi di Solo, hingga Pasar Srago di Klaten. Dalam tinjauannya di pasar-pasar, Ganjar belum menemukan kenaikan harga signifikan pada sejumlah komoditas bapok, namun menemukan penurunan harga cabai. Hingga kini, semua harga bapok terpantau masih relatif stabil.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)