Dobrak Tradisi Lama, Jokowi Kebut Pekerjaan Proyek di Awal Tahun

Rabu, 06 Januari 2016 - 11:33 WIB
Dobrak Tradisi Lama, Jokowi Kebut Pekerjaan Proyek di Awal Tahun
Dobrak Tradisi Lama, Jokowi Kebut Pekerjaan Proyek di Awal Tahun
A A A
JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menekankan ingin pekerjaan proyek dapat dimulai sejak awal tahun, lantaran demi mendorong stimulasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Tanah Air. Terlebih lagi menurutnya saat ini dunia usaha dan investor telah menaruh kepercayaan besar terhadap Indonesia.

"Jangan sampai ekonomi sekarang ini dimana orang sudah percaya, investor dan dunia usaha, kita justru lalai lagi. Jika baru mulai nanti bulan Juni kepercayaan akan turun, dan growth tidak akan naik. Ini yang kita jaga," tegasnya di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (6/1/2016).

(Baca Juga: Kementerian PUPR Teken Kontrak Proyek Rp8,81 Triliun)

Jokowi yang menyaksikan penandatanganan ‎Peluncuran Kontrak Kegiatan Tahun Anggaran 2016 di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga mengaku ingin kebiasaan pengerjaan proyek di awal tahun bisa menjadi pola baru. Dia juga menambahkan ingin terus mendorong di mana lelang dan pengerjaan proyek dapat dilakukan sejak dini.

"Artinya kalau hari ini ditandatangani, besok sudah harus bekerja. Pola baru seperti ini yang terus saya dorong, dan akan ditekankan kepada seluruh kementerian," sambungnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengaku juga bahagia Kementerian PUPR telah mengikuti titahnya yang disampaikan empat hingga lima bulan lalu, agar kontrak dan pengerjaan proyek harus dimulai sejak awal Januari 2016.

"‎Ini tradisi baru, kalau dulu hampir 11 tahun biasanya (proyek) baru mulai bulan Mei, Juni, kadang Oktober baru mulai," imbuh dia.

Mantan Walikota Solo ini juga bahagia lantaran realisasi serapan anggaran di Kementerian PUPR pada 2015 mencapai 94%. "‎Sangat tinggi sekali. 3-4 bulan lalu banyak yang menyampaikan paling-paling hanya 80%. Target kita 93%," pungkas Jokowi.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5327 seconds (0.1#10.140)