Mengenal Nematoda, Cacing Gelang Alien Parasit yang Hidup di Pantai Berpasir

Senin, 17 April 2023 - 07:36 WIB
loading...
Mengenal Nematoda, Cacing Gelang Alien Parasit yang Hidup di Pantai Berpasir
Nematoda berada di tempat-tempat berpasir di seluruh penjuru dunia, dengan jutaan jenis berbeda. Foto: dok Getty Insider
A A A
AMERIKA - Foto-foto cacing alien nematoda mungkin bakal bikin Anda bergidik dan ingin menjauhi pantai. Sebab, bentuknya yang aneh dan mengerikan seperti alien
di film-film sains fiksi. Untungnya, hewan ini tidak berbahaya bagi manusia karena ukurannya mikroskopis . Tak lebih besar dari 1 milimeter.

Faktanya, pasir adalah rumah bagi ratusan spesies mikroskopis yang bahkan banyak belum terungkap. Salah satunya, nematoda. Ahli biologi laut dalam Holly Bik mengaku sedang berupaya menemukan sebanyak mungkin spesies nematoda. Menurutnya, nematoda merupakan kunci penting bagi ekosistem di seluruh dunia.

Apa Itu Nematoda?

Mengenal Nematoda, Cacing Gelang Alien Parasit yang Hidup di Pantai Berpasir

Anda mungkin melihat semua jenis makhluk di pantai. Tetapi yang mungkin tidak Anda sadari adalah bahwa pasir di bawah kaki Anda adalah rumah bagi dunia mikroskopis cacing gelang parasit yang disebut nematoda.

Nematoda adalah filum hewan yang terdiri dari cacing tanah kecil, dikenal juga sebagai cacing gilig atau cacing benang. Mereka termasuk dalam hewan invertebrata, yang artinya mereka tidak memiliki tulang belakang atau kerangka keras.

Nematoda biasanya memiliki bentuk tubuh panjang dan silindris dengan ujung yang meruncing. Ukuran nematoda bervariasi, dari hanya beberapa milimeter hingga lebih dari satu meter panjangnya.

Nematoda hidup di setiap sudut dunia. Mulai parit samudra dan tundra bersalju, hingga gurun yang panas dan tanah vulkanik.
Tugas mereka adalah pengurai alam, mendaur ulang nutrisi kembali ke lingkungan.

Mengenal Nematoda, Cacing Gelang Alien Parasit yang Hidup di Pantai Berpasir

Holly Bik mengatakan, diperkirakan ada jutaan spesies nematoda yang berbeda. Namun ia telah mendeskripsikan kurang dari 5.000 spesies laut hingga saat ini.

Bik dan timnya telah mengumpulkan sampel di berbagai tujuan seperti Antartika Timur dan lereng utara Alaska hingga Pulau Tybee, Georgia, dan La Jolla, California.

Hanya Terlihat lewat Mikroskop

Mengenal Nematoda, Cacing Gelang Alien Parasit yang Hidup di Pantai Berpasir

Nematoda biasanya berukuran kurang dari 1 milimeter, maka Bik dan timnya menggunakan mikroskop yang kuat untuk mempelajarinya. “Hanya sedikit ilmuwan yang meneliti spesies ini dan ada begitu banyak pasir di luar sana," kata Bik. "Jika Anda mengambil sedikit pasir di luar depan pintu Anda atau di pantai setempat, Anda mungkin menyimpan ratusan spesies baru,” bebernya.

Nematoda Xyala, contohnya, merupakan salah satu spesies paling melimpah di pantai berpasir di seluruh dunia. Ciri-cirinya adalah memiliki deretan tonjolan yang melingkari tubuhnya, pori sensorik melingkar kecil, dan "rambut" sensorik di sekitar kepala.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1193 seconds (0.1#10.140)