BPS Yakin Neraca Perdagangan Tak Terganggu Teror Bom

Jum'at, 15 Januari 2016 - 22:24 WIB
BPS Yakin Neraca Perdagangan Tak Terganggu Teror Bom
BPS Yakin Neraca Perdagangan Tak Terganggu Teror Bom
A A A
JAKARTA - Direktur Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo menilai dampak dari bom di Jalan Thamrin, Jakarta, kemarin tidak akan mengganggu neraca perdagangan.

Menurutnya, tidak ada gangguan cukup signifikan bila melihat dampaknya. Jika pun ada, pelemahan hanya akan terjadi pada saat bom terjadi, tidak akan berlangsung lama.

‎"Trennya sementara, paling pada bulan itu saja kalau terjadi gangguan, kalau terhadap ekspor impor, itu hanya gangguan sesaat, enggak sampai berminggu-minggu lah," katanya di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Sasmito mengatakan, jika terjadinya Januari, mungkin akan berdampak sedikit pada Februari. Namun, pada Februari juga tidak bisa dikatakan ada pengaruhnya dengan ledakan yang terjadi kemarin.

"Sekarang kita lihat, kan terjadinya di Januari, mungkin ada dampak sedikit di Februari. Tapi Februari kan pendek bulannya. Jadi kalau di Februari juga rendah, itu bukan karena bom Thamrin, tapi memang harinya juga pendek," ujar dia.

Sasmito juga mengimbau kepada pelaku pasar agar tidak terlalu khawatir terhadap yang terjadi kemarin, karena perekonomian Indonesia akan baik-baik saja.

"Kita sekarang sedang dalam kondisi baik, fundamental juga terjaga, jadi pasar tidak perlu panik berlebihan," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9776 seconds (0.1#10.140)