BEI: Taspen, BPJS dan Asabri Kuat Serap Saham Freeport

Sabtu, 16 Januari 2016 - 16:44 WIB
BEI: Taspen, BPJS dan Asabri Kuat Serap Saham Freeport
BEI: Taspen, BPJS dan Asabri Kuat Serap Saham Freeport
A A A
JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) memandang PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), serta Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri) secara pendanaan kuat menyerap saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio.

Dia mengatakan, lebih baik pemerintah menyerahkan tugas menyerap pengurangan (divestasi) sebagian saham Freeport kepada tiga perusahaan pelat merah itu ketimbang Antam dan Inalaum. "Kalau ke Taspen, BPJS, Asabri bisa merata semua. Mereka punya dana jangka panjang, siapa bilang tidak kuat?" ujarnya di Jakarta, Sabtu (16/1/2016).

Menurut Tito, pemerintah tinggal menghitung kembali harga divestasi saham yang ditawarkan oleh perusahaan tambang raksasa asal Amerika Serikat itu sebesar USD1,7 miliar. "Buat saya adalah pemerintah tinggal duduk, hitung-hitungan bicara jangka panjang. Semua ada caranya, kok," katanya.

Selain itu, lanjut Tito, pemerintah juga harus ikut menyerap saham Freeport sebanyak 30% dan diberikan kesempatan kepada tiga perusahaan itu. "Saya selalu menyinggung tiga institusi yang eligibel. Tolong berikan kesempatan kepada Taspen untuk berikan kesempatan membeli, BPJS, dan Asabri. Kalau tiga yang beli, Freeport akan kasih murah," pungkasnya.

Baca juga:

Jajaran Direksi Freeport Bisa dari Indonesia Semua

HT: Penawaran Saham Freeport Terlampau Mahal

Menkeu Minta Market Tak Nervous Pascaledakan Bom
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7897 seconds (0.1#10.140)