Menkeu Pimpin Upacara Kepabeanan Internasional

Selasa, 26 Januari 2016 - 18:27 WIB
Menkeu Pimpin Upacara Kepabeanan Internasional
Menkeu Pimpin Upacara Kepabeanan Internasional
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro hari ini menjadi inspektur upacara di Hari Kepabeanan Internasional atau World Customs Organization (WCO). Kegiatan ini bertema "Digital Customs: Progressive Engagement".

Bambang menekankan perlunya memanfaatkan momentum bagi administrasi pabean di seluruh dunia untuk secara aktif melakukan pengelolaan institusi berbasis teknologi dan informasi (TI).

"Pencanangan tema tersebut merupakan preseden baik bagi komunitas pabean internasional untuk lebi melibatkan unsur teknologi informasi dalam pengelolaan administrasi pabean guna menjalankan fungsinya masing-masing," kata dia dalam sambutannya di lapangan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Rawamangun, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

WCO, lanjut Menkeu, sangat mendukung penggunaan teknologi informasi seperti single window system yang mempersatukan berbagai institusi dalam suatu layar program pendukung layanan kepabeanan.

"DJBC sesuai visinya yakni menjadi institusi kepabeanan terkemuka di dunia, telah menerapkan teknologi informasi seperti yang dipromosikan WCO," ujarnya.

Penggunaan teknologi ini, merupakan hal baru di lingkup DJBC. Dalam lingkup ASEAN, Indonesia telah menjadi backbone bagi implementasi ASEAN Single Window dan menjadi pemain penting dalam otomasi sistem di kawasan ASEAN, karena pengalamannya dalam pengembangan single window system.

"Kita juga patut bangga karena sistem passenger name record untuk analisis profil penumpang telah menghasilkan banyak tangkapan narkotika dan menjadi contoh penegakan hukum yang berhasil bagi administrasi pabean negara lain," pungkas Bambang.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7557 seconds (0.1#10.140)