Kehadiran LRT Dukung Pengembangan Kota Mandiri

Rabu, 27 Januari 2016 - 23:06 WIB
Kehadiran LRT Dukung Pengembangan Kota Mandiri
Kehadiran LRT Dukung Pengembangan Kota Mandiri
A A A
JAKARTA - PT Sentul City, Tbk (BKSL), pengembang township Sentul City di kawasan Bogor seluas 3.100 hektare, mendukung pembangunan moda transportasi modern Kereta Ringan/Light Rail Transit (LRT). Pasalnya, keberadaan LRT akan memberikan efek positif terhadap kawasan kota mandiri Sentul City.

"Infrastruktur transportasi seperti LRT sudah saatnya disediakan untuk koridor Jakarta Bogor, mengingat Jakarta Bogor sudah merupakan suatu tatanan Megapolitan. Dan sebagai dampaknya, akan menumbuhkan kegiatan-kegiatan ekonomi baru dan juga membantu memeratakan kesejahteraan di sepanjang koridor tersebut. Terhadap Sentul City, pembangunan LRT tersebut akan mempercepat pertumbuhan sebagai Kota Mandiri dan sekaligus menggerakan banyak investasi baru di kawasan Sentul City," ujar Andrian Budi Utama, Wakil Presiden Direktur PT Sentul City Tbk dalam siaran persnya, Rabu (17/1/2016).

Seperti diketahui, proyek LRT sudah diresmikan pembangunannya oleh Presiden Joko Widodo pada 9 September 2015 lalu. Pembangunan LRT yang merupakan bentuk upaya pemerintah dalam mengurangi kemacetan lalu lintas di wilayah Jabodetabek sudah diatur dalam Peraturan Presiden (PP) Nomor 98 Tahun 2015 tentang Percepatan Kereta Api Ringan atau Light Rail Transit Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Pembangunan LRT akan dilakukan secara bertahap, dengan total panjang 83,6 kilometer. Tahap pertama mencakup tiga trase, yaitu Cibubur-Cawang sepanjang 13,7 kilometer, Cawang-Dukuh Atas sepanjang 10,5 kilometer (Tahap I A) dan Bekasi Timur-Cawang sepanjang 17,9 kilometer (Tahap I B). Untuk tahap kedua, panjang total lintasan LRT mencapai 41,5 kilometer. Tahap kedua itu meliputi lintas layanan Cibubur-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan, Palmerah-Grogol. Seluruh tahap pembangunan diperkirakan rampung 2018.

Andrian mengatakan proyek LRT akan berpengaruh positif terhadap prospek Sentul City ke depan karena nantinya Sentul City akan semakin mudah diakses. Apalagi rencananya jalur LRT koridor Cibubur-Bogor akan melintasi kawasan Sentul City dan stasiun LRT juga akan dibangun di Sentul City.

”Dengan adanya LRT, tinggal di Sentul City akan semakin nyaman karena untuk menuju Jakarta dan sebaliknya semakin mudah dan tidak perlu menghadapi kemacetan. Begitupula masyarakat yang ingin menikmati fasilitas yang ada di Sentul City, juga akan semakin mudah untuk menuju Sentul City,” ujar Andrian.

Dengan semakin mudahnya akses ke Sentul City, diharapkan juga dapat meningkatkan minat masyarakat untuk tinggal dan berusaha di Sentul City. Saat ini PT Sentul City Tbk. terus menambah fasilitas yang ada di Sentul City
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8187 seconds (0.1#10.140)