Harga Minyak Dunia Turun Lagi

Senin, 01 Februari 2016 - 08:23 WIB
Harga Minyak Dunia Turun Lagi
Harga Minyak Dunia Turun Lagi
A A A
SINGAPURA - Harga minyak dunia pada awal perdagangan bulan ini turun setelah Korea Selatan (Korsel) mencatat data ekspornya mengalami pelemahan terdalam sejak 2009 dan prospek produksi berkurang.

Seperti dikutip dari Reuters, Senin (1/2/2016), harga minyak brent diperdagangkan pada harga USD35,55 per barel pada pukul 00.47 GMT, turun 44 sen atau 1,2% dari penutupan terakhir. Begitu juga dengan harga minyak Amerika Serikat (AS), West Texas Intermediate (WTI) turun 32 sen menjadi USD33,30 per barel.

Korea Selatan mencatat penurunan ekspor hingg 18,5% dari tahun ke tahun atau senilai USD36,7 miliar, turun ke level terendah sejak terjadi pada puncak krisis keuangan global pada 2009.

Kemerosotan ekonomi Asia utara berorientasi ekspor menjadi indikator terbaru dari perlambatan percepatan di perekonomian terbesar di Asia.

Pada saat yang sama, prospek pemotongan terkoordinasi produksi oleh eksportir terkemuka seperti Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Rusia tampaknya sulit untuk mewujudkan karena perbedaan antara produsen tersebut.

Selain itu, Iran sebagai anggota OPEC yang bulan ini diizinkan untuk sepenuhnya kembali mengekspor ke pasar setelah sanksinya dicabut, tidak bersedia untuk berpartisipasi dalam pemotongan. "Kurangnya kemauan politik dapat menghalangi prospek kesepakatan," kata ANZ Bank.

Sebagian karena pengembalian Iran, produksi minyak OPEC telah melompat ke 32,60 juta barel per hari (bph), tertinggi dalam setahun, menambah kelebihan pasokan minyak global lebih dari 1 juta barel minyak mentah yang diproduksi setiap hari lebih dari permintaan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4812 seconds (0.1#10.140)