El Nino Berdampak pada Perlambatan di Sektor Pertanian

Jum'at, 05 Februari 2016 - 18:01 WIB
El Nino Berdampak pada Perlambatan di Sektor Pertanian
El Nino Berdampak pada Perlambatan di Sektor Pertanian
A A A
JAKARTA - Fenomena el nino ternyata membawa dampak signifikan terhadap sektor pertanian di Tanah Air. Hal ini ditandai melambatnya sektor pertanian yang menyumbang pelemahan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2015 di angka 4,79%.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sektor pertanian mengalami perlambatan cukup tajam sebesar 1,32%. "Ini yang agak tidak terduga di triwulan IV. Pertanian melambatnya lumayan tajam 1,32%," ujar Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS, Suharyanto‎ di Jakarta, Jumat (5/2/2016).

"Ya memang betul, kita udah mengantisipasi dampak elnino, tapi kita lihat hantamannya terhadap produksi pangan dan hortikultura masih lumayan besar," lanjutnya.

Pria yang akrab disapa Ketjuk ini menuturkan, meskipun terjadi perlambatan ke depan masih ada harapan ‎pertanian di Indonesia bisa kembali tumbuh. (Baca: Ekonomi Indonesia 2015 Hanya Tumbuh 4,79%)

"Jadi kalau pertanian di triwulan I akan bagus meskipun ada keterlambatan musim tanam. Tapi kita harapkan masih ada upaya tanam, setidaknya di Maret. Itu kan biasanya banyak," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.5994 seconds (0.1#10.140)