Kelabui Menteri Susi, Tiga Kapal Taiwan Kabur

Kamis, 11 Februari 2016 - 20:18 WIB
Kelabui Menteri Susi, Tiga Kapal Taiwan Kabur
Kelabui Menteri Susi, Tiga Kapal Taiwan Kabur
A A A
JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dikelebuhi tiga kapal asal Taiwan yang berhasil kabur dari Bitung, Sulawesi Utara pada 8 Februari 2016. Nama tiga kapal tersebut yaitu, Meta 711, Meta 712, dan Mini 511.

Menteri KKP Susi Pudjiastuti mengatakan, ketiga kapal itu diketahui milik asing, namun berbendera Indonesia dan berada di Maluku. Padahal, kapal tersebut sempat tertangkap di Bitung tapi akhirnya berhasil kabur.

"Pada Desember dapat laporan orang Taiwan punya kapal di Maluku. Berbendera merah putih atas nama sopir, ABK asing," ujarnya di Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Susi menjelaskan, mereka punya modus baru yaitu menitipkan kapalnya atas nama Indonesia tapi dengan ABK asing. Kapal ini atas nama sopir yang berdomisili di Bali dan registrasi di Cirebon.

Sementara, Sekretaris Jenderal (Sekjen) KKP Sjarief Widjaja menambahkan, ukuran kapal asal Taiwan yang kabur tidak besar. Mereka diduga dijual ke Panama.

"Kecil, 68 gross ton, ada yang 100 gross ton. Jadi mereka lepas keluar, dijual ke Panama oleh orang Taiwan," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4209 seconds (0.1#10.140)