Pinjaman Tebesar RI Tahun Ini dari ADB

Jum'at, 12 Februari 2016 - 15:02 WIB
Pinjaman Tebesar RI Tahun Ini dari ADB
Pinjaman Tebesar RI Tahun Ini dari ADB
A A A
JAKARTA - Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil mengakui, nilai pinjaman luar negeri dari Asian Development Bank (ADB) sebesar USD2 miliar terbesar dibanding pinjaman yang dilakukan Indonesia kepada lembaga atau negara lainnya. (Baca: Kebut Infrastruktur, ADB Kucuri RI Pinjaman USD2 Miliar)

Pasalnya, merujuk daftar proyek yang akan masuk dalam daftar rencana prioritas pinjaman luar negeri (DRPPLN) atau green book 2016, pinjaman luar negeri yang dibutuhkan tahun ini untuk membiayai proyek infrastruktur sebesar USD2,5 miliar. Artinya, kebutuhan pembiayaan Indonesia mayoritas disuntik oleh ADB.

"Ya saya pikir begitu (pinjaman paling tinggi). Tapi dalam blue book saya pikir sekitar USD39 miliar," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Pemerintah telah menerbitkan daftar rencana pinjaman dan hibah luar negeri alias blue book 2015-2019 yang memuat 116 proyek dengan pembiayaan luar negeri senilai USD39,9 miliar.

Menurutnya, Indonesia harus memanfaatkan dana pinjaman dari ADB tersebut. Sebab, kebutuhan pembiayaan untuk proyek infrastruktur di Indonesia cukup besar.

"Oh ya ya, kan bisa kita skilled up. Karena kebutuhan infrastruktur kita lumayan banyak. Dan kita mendapatkan dana murah seperti ini," imbuh dia.

Apalagi, kesempatan Indonesia untuk meminjam dari lembaga tersebut sangat terbatas. Jika Indonesia sudah masuk negara yang berpenghasilan tinggi, maka ADB tidak akan lagi memberikan pinjaman kepada Indonesia.

"Karena ADB itu didesain khusus untuk pinjaman kepada negara yang low atau middle income country. Kalau sudah naik kelas, kita enggak bisa pinjam lagi. Sebab itu, kita harus manfaatkan ini selama window opportunity masih ada," tandasnya.

Baca:

Transmisi Proyek Listrik 35.000 MW Gunakan Pinjaman ADB

ADB Beri Pinjaman Indonesia Rp135 Triliun Selama Lima Tahun
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2203 seconds (0.1#10.140)