Terjadi Gerhana Bulan Penumbra pada 5-6 Mei, BMKG: Dapat Diamati dari Seluruh Indonesia

Selasa, 02 Mei 2023 - 14:31 WIB
loading...
Terjadi Gerhana Bulan Penumbra pada 5-6 Mei, BMKG: Dapat Diamati dari Seluruh Indonesia
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, gerhana bulan penumbra yang terjadi pada 5-6 Mei 2023 dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia. Foto/Pixabay/smithsonianmag
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) menjelaskan, gerhana bulan penumbra yang terjadi pada 5-6 Mei 2023 dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia. Gerhana bulan penumbra terjadi akibat Bumi melintas di antara bulan dan matahari dalam satu garis lurus.

Gerhana bulan penumbra akan dimulai pukul 11:15 EDT (1515 GMT) dan akan terlihat hampir sebagian besar wilayah dunia, termasuk Antartika, Asia, Rusia, Oseania, serta Afrika Timur dan Tengah. Menurut In the Sky, gerhana bulan penumbra tidak akan terlihat sama sekali dari Amerika Utara, Amerika Selatan, atau sebagian besar Eropa, karena bulan akan berada di bawah cakrawala.

“Seluruh fase gerhana teramati di Indonesia. Durasi gerhana, dari fase gerhana mulai (P1) hingga gerhana berakhir (P4) adalah 4 jam 21 menit 28 detik,” demikian keterangan BMKG melalui situs resmi yang dirilis pada 26 April 2023.



Untuk wilayah Indonesia bagian barat, gerhana matahari mulai terjadi pukul 22.12.09 WIB. Puncak gerhana matahari terjadi tepat pukul 00.22.52 WIB dan berakhir pukul 02.33.36 WIB.

Dikutip dari laman Space, Selasa (2/5/2023), gerhana bulan penumbra terjadi ketika bulan melewati wilayah luar yang lebih terang dari bayangan bumi yang disebut penumbra. Ini adalah area di mana Bumi tampak menutupi sebagian piringan matahari tetapi tidak semuanya.

Ini berarti ketika bulan berada di dalam penumbra, menerima lebih sedikit cahaya dari matahari dan menjadi redup tetapi masih tetap terang. Gerhana bulan penumbra terjadi saat posisi Bulan-Matahari-Bumi sejajar, sehingga membuat Bulan hanya masuk ke bayangan penumbra Bumi.
Terjadi Gerhana Bulan Penumbra pada 5-6 Mei, BMKG: Dapat Diamati dari Seluruh Indonesia


Efek yang dihasilkan hampir tidak terlihat dan terkadang hanya terlihat pada foto yang dikontrol dengan cermat atau oleh orang dengan penglihatan yang sangat tajam. Namun, terkadang ada kejadian langka di mana seluruh permukaan bulan bergerak ke penumbra.



Gerhana bulan ini menyebabkan peredupan yang lebih ekstrem dan dapat dilihat dengan lebih mudah oleh mata telanjang. Terakhir kali gerhana penumbra terlihat dari Amerika Serikat (AS) pada 30 November 2020 dan waktu berikutnya terjadi gerhana bulan penumbra yang akan datang pada 25 Maret 2024.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2193 seconds (0.1#10.140)