Jokowi Larang Menteri Sembarangan Bagi-bagi Anggaran

Kamis, 07 April 2016 - 11:14 WIB
Jokowi Larang Menteri Sembarangan Bagi-bagi Anggaran
Jokowi Larang Menteri Sembarangan Bagi-bagi Anggaran
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menterinya mengendalikan anggaran infrastruktur yang telah digelontorkan negara. Dia tidak mau jika anggaran ‎tersebut asal dibagi-bagi dan pada akhirnya program infrastruktur tidak jalan.

Jokowi menegaskan, para menteri dan pimpinan lembaga jangan lagi terjebak pada money follow function dengan membagi rata anggaran pada seluruh kementerian dan lembaga. Jokowi menginginkan agar anggaran difokuskan untuk program infrastruktur‎ prioritas pemerintah.

"Sudah berkali-kali. Belanja kita yang berkaitan dengan infrastruktur, fokuskan. Jangan lagi kita terjebak pada money follow function, semua dibagi pada organisasi-organisasi yang ada di kementerian, lembaga yang ada. Bagi-bagi rata enggak lagi. Fokus jelas, prioritas juga harus jelas," katanya di Gedung Utama Kementerian Sekretaris Negara, Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Sebab, lanjut dia, infrastruktur menjadi kunci pemerintah dalam menekan biaya logistik (cost of logistic), meningkatkan daya saing, serta mempersatukan bangsa baik antarkota, antarkabupaten, antarprovinsi, ataupun antarpulau.

jokowi menambahkan, pemerintah juga harus fokus pada hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia (SDM). Pasalnya, kecepatan pemerintah dalam meningkatkan mutu SDM di Indonesia akan memberikan dampak pada kecepatan dalam pembangunan di Tanah Air.

"‎Kerja sama antara Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Pendidikan, Kemendikti dan Kementerian Perindustrian, dan lainnya, harus diputuskan sehingga bisa langsung action di lapangannya‎," tandas dia.

(Baca: Jokowi Gelar Sidang Kabinet Paripurna Bahas APBNP 2016)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5638 seconds (0.1#10.140)