BI 7-Day Repo Rate Bisa Tingkatkan Kredit Perbankan

Selasa, 19 April 2016 - 14:28 WIB
BI 7-Day Repo Rate Bisa Tingkatkan Kredit Perbankan
BI 7-Day Repo Rate Bisa Tingkatkan Kredit Perbankan
A A A
JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menyatakan, acuan suku bunga yang akan diubah ke BI 7-Day Repo Rate pada Agustus tahun ini akan meningkatkan pertumbuhan kredit perbankan.

Analis Pefindo Yogie Perdana Hendro Utomo mengatakan, kebijakan itu sejalan dengam keinginan pemerintah dan regulator moneter untuk menekan bunga perbankan sehingga meningkatkan laju kredit.

"BI rate acuan jadi BI rate tujuh hari sejalan pemerintah dan regulator moneter tekan suku bunga perbankan. Nantinya, bisa meningkatkan pertumbuhan kredit yang tujuannya meningkatkan perekonomian," ujarnya di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Perubahan acuan ini, kata dia, otoritas moneter berharap perbankan tidak akan lagi menggunakan BI rate sebagai acuan suku bunga. "Dengan perubahan acuan ini yang diharapkan otoritas moneter adalah perbankan tidak akan lagi menggunakan BI rate sebagai acuan penentuan suku bunga tapi lebih gunakan seven days rate itu tadi," kata dia.

Menurutnya, dengan memakai seven day rate membuat suku bunganya lebih rendah karena tenor berjangka pendek tapi lebih menarik dari menempatkan dana di pasar uang antar bank.

"Yang memang secara logika lebih rendah suku bunganya karena tenor lebih pendek tapi itu memang lebih menarik dari tempatkan uang di pasar uang," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7163 seconds (0.1#10.140)