Blok Masela Bakal Serap 380 Ribu Pekerja, Ini Janji Menko Maritim

Selasa, 19 April 2016 - 18:35 WIB
Blok Masela Bakal Serap 380 Ribu Pekerja, Ini Janji Menko Maritim
Blok Masela Bakal Serap 380 Ribu Pekerja, Ini Janji Menko Maritim
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman, Rizal Ramli menginginkan agar keberadaan Blok Masela, Maluku dapat melibatkan penduduk setempat. Oleh karena itu, dia berjanji akan menyiapkan penduduk setempat agar menjadi tenaga kerja terampil di blok migas tersebut.

Dia memperkirakan, Lapangan Abadi tersebut dapat menyerap tenaga kerja sekitar 380 ribu orang di berbagai bidang. Sebabnya pengembangan kilang di Blok Masela akan dilakukan secara terintegrasi dengan industri pendukung lainnya, seperti industri petrokimia.

"Diperkirakan itu (tenaga kerja di Blok Masela) sekitar totalnya 380 ribu orang di berbagai bidang. Nah tentu ada kualifikasinya apa. Sebagian disiapkan dengan Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada, sedangkan sebagian disiapkan oleh universitas, dan politeknik," katanya di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (19/4/2016).

(Baca Juga: Bidang Tenaga Kerja Ini Dibutuhkan di Blok Masela)

Mantan Menko bidang Perekonomian ini menekankan, Blok Masela tidak hanya difokuskan untuk mengekspor Liquefied Natural Gas (LNG) semata. Namun juga untuk mengembangkan industri petrokimia.

(Baca Juga: Jokowi Pakai Intelijen Putuskan Kilang Darat Blok Masela)

‎Blok Masela, lanjut dia juga akan dikembangkan dengan pola fully integrated di mana seluruh industri pendukung akan menyatu di lokasi tersebut. Dengan begitu, masyarakat setempat dapat menikmati keberadaan Blok Masela.

"Karena Presiden tidak mau polanya seperti Lhokseumawe yang sifatnya enclave, tertutup, seperti kota terpisah atau seperti Bontang. Presiden maunya yang fully integrated yang rakyat juga bisa menikmati. Kami minggu depan akan ke Bintulu, Serawak untuk melihat model integrated," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6034 seconds (0.1#10.140)