Hari Kebangkitan Nasional, Mahasiswa Unesa Deklarasi sebagai Penggerak Perabadan Indonesia

Minggu, 21 Mei 2023 - 07:50 WIB
loading...
Hari Kebangkitan Nasional, Mahasiswa Unesa Deklarasi sebagai Penggerak Perabadan Indonesia
Mahasiswa Unesa mendeklarasikan diri sebagai penggerak peradaban Indonesia. Deklarasi dilakukan saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional.Foto/Humas Unesa
A A A
SURABAYA - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ( Harkitnas ) dijadikan momentum mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk deklarasi sebagai penggerak peradaban nasional.

Deklarasi dilakukan bersamaan upacara Harkitnas 2023 di halaman Rektorat, Kampus Lidah Wetan, Surabaya, Sabtu (20/5/2023). Deklarasi dan pengukuhan dihadiri pimpinan UNESA, Gerakan Peradaban Indonesia (GPI), pejabat pemprov Jatim dan beberapa rektor.

Menurut Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., duta tersebut secara umum memiliki tugas yaitu menjaga nilai-nilai kemanusiaan bagi kebaikan sesama yang dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Esa. juga, memperkuat etika, akhlak mulia untuk membangun bangsa menjadi berkeadaban dan melestarikan kebudayaan Indonesia serta menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

"Selain itu juga untuk memajukan peradaban Indonesia dengan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan martabat bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pengukuhan tepat di Harkitnas ini kita harapkan anak-anak muda atau mahasiswa bisa turut andil dalam memajukan peradaban Indonesia," ucap Cak Hasan, sapaan Nurhasan.

Baca juga: Hashim Djojohadikusumo Sebut Prabowo Subianto Bertekad Teruskan Program Jokowi

Dia menambahkan, duta peradaban tersebut nantinya bisa memberikan edukasi, literasi, bahkan kesadaran anak-anak muda lainnya bahkan masyarakat pada umumnya bagaimana memberikan peran penting yang arahnya untuk memperkuat peradaban bangsa dan memajukan negara.

“Unesa menjadi starting point untuk gerakan peradaban lewat para duta yang hari ini dikukuhkan. Dia mengharapkan, yang menjadi duta peradaban ini tidak hanya Unesa dan beberapa kampus lain di Jatim, tetapi juga bisa melibatkan banyak mahasiswa di kampus-kampus berbagai daerah," ucapnya.

Gerakan ini, lanjut Cak Hasan, bisa dikemas dalam berbagai program, bisa menjadi bagian dari program mahasiswa yang KKN ke desa-desa, atau bisa juga dalam bentuk program-program lainnya.

"Ini kita kaji dan petakan, gerakan ini cocoknya dimasukan ke program mana. Yang jelas, kami berkomitmen untuk mendorong mahasiswa untuk ambil peran, terlibat dalam membangun dan memajukan daerah dan negara," tandas Cak Hasan.

Ketua Umum Gerakan Peradaban Indonesia, Achmad Zaini, M.A menegaskan Hari Kebangkitan Nasional ini adalah hari kebangkitan peradaban Indonesia. Peradaban Indonesia harus bangkit. Oleh karena itu, gerakan yang terdiri dari para tokoh lintas agama, negara, etnis serta para mahasiswa betul-betul menjadi titik kebangkitan bersama bangsa Indonesia yang melibatkan anak-anak muda bangsa.

“Kami berharap agar masyarakat Indonesia dapat lebih beradab untuk kebangkitan peradaban. Target kami ini bisa hadir di seluruh kampus Indonesia. Yang jelas hari ini, UNESA menjadi starting point dalam melaksanakan acara-acara yang berkaitan dengan peradaban dan kebangsaan ke depan,” lanjutnya.

Duta Peradaban Indonesia Unesa, Jihan Fairuz Salsabila, merasa bersyukur bisa dipercaya sebagai duta peradaban yang itu secara tidak langsung bisa membuatnya bisa semakin bisa berperan dan memberikan yang terbaik untuk nusa dan bangsa.

"Menjadi duta kan memang tidak sembarang, ada berbagai aspek yang dilihat. Ini berkaitan dengan tugas dan tanggung jawabnya yang juga tidak mudah yaitu menjadi contoh dan tauladan bagi anak-anak muda generasi penerus bangsa sekaligus memberikan edukasi," ucapnya usai pengukuhan.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)