Rupiah Diperkirakan Akan Berada di Zona Hijau

Rabu, 04 Mei 2016 - 09:05 WIB
Rupiah Diperkirakan Akan Berada di Zona Hijau
Rupiah Diperkirakan Akan Berada di Zona Hijau
A A A
JAKARTA - Laju rupiah pada hari ini diperkirakan masih akan bertahan di zona hijaunya didorong momentum variatifnya sentimen global. Diprediksi rupiah akan berada di level support Rp13.175/USD serta resisten Rp13.150/USD, meski masih tetap cermati sentimen yang ada terhadap laju rupiah.

"Laju rupiah diharapkan masih dapat memanfaatkan momentum variatifnya sentimen global untuk dapat bertahan di zona positif," ujar Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Sementara rupiah kemarin masih konsolidasi cenderung menguat. Harga minyak mentah dunia yang masih melemah terlihat membatasi ruang gerak mata uang rupiah. Padahal, laju dolar Amerika Serikat (USD) juga sedang melemah seiring pelemahan pada data-data indeks manufaktur AS yang di bulan April mencapai 50,8, menurun dari periode Maret di 51,8.

Kondisi harga minyak yang rendah dan USD yang kuat membebani industri di AS. Dari dalam negeri, laju inflasi yang diumumkan stabil masih menjadi sentimen positif bagi rupiah. Menjelang akan dirilisnya angka pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Indonesia kuartal I 2016 yang positif juga menambah dukungan bagi mata uang domestik.

BPS mencatat pada April 2016 terjadi deflasi sebesar 0,45%, atau yang terbesar sejak tahun 2000 sehingga inflasi tahun kalender Januari-April 2016 tercatat 0,16% dan laju inflasi secara tahunan (YoY) 3,6%. Adapun pelemahan tren komoditas disebabkan naiknya produksi OPEC yang mencapai 32,64 juta barel per hari setelah Irak kembali meningkatkan ekspor minyak seiring naiknya ekspor Rusia (Non-OPEC).

"Di sisi lain, mulai berkurangnya penguatan laju yen juga turut mempengaruhi pergerakan laju rupiah," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0513 seconds (0.1#10.140)