Tekanan Kenaikan Harga Diperkirakan Meningkat Saat Lebaran

Jum'at, 06 Mei 2016 - 15:11 WIB
Tekanan Kenaikan Harga Diperkirakan Meningkat Saat Lebaran
Tekanan Kenaikan Harga Diperkirakan Meningkat Saat Lebaran
A A A
JAKARTA - Hasil survei dari Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga masih meningkat pada Juli 2016. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) tiga bulan mendatang yang tercatat naik 2,6 poin menjadi 174,0.

Direktur Eksekutif BI Tirta Segara mengatakan, melonjaknya harga-harga untuk konsumsi masyarakat diperkirakan terjadi di kelompok pakaian dan makanan. Akibat dari ada kemungkinan permintaan meningkat jelang Lebaran.

"Meningkatnya tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi utamanya pada kelompok sandang dan kelompok bahan makanan seiring dengan perkiraan meningkatnya permintaan menjelang Hari Raya Idul Fitri," ujar dia dalam rilisnya, Jumat (6/5/2016).

Sementara, kata dia, konsumen dalam enam bulan ke depan juga memperkirakan jumlah tabungan di perbankan tidak setinggi bulan sebelumnya. Selain itu, angka pinjaman diprediksi akan lebih tinggi.

"Untuk kondisi enam bulan mendatang (Oktober 2016), konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan tidak lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Sementara itu, kenaikan jumlah pinjaman enam bulan mendatang diperkirakan lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya," katanya.

Di sisi lain, lanjut Tirta, survei konsumen BI mengindikasikan bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi perekonomian Indonesia masih berada dalam level optimis. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada April 2016 berada dalam level optimis sebesar 109,0 meski sedikit lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yang sebesar 109,8.

"Penurunan IKK April 2016 tersebut terutama disebabkan oleh penurunan Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat Ini, khususnya persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7054 seconds (0.1#10.140)