Bulog Diminta Jamin Ketersediaan Beras Selama Ramadan

Rabu, 18 Mei 2016 - 14:40 WIB
Bulog Diminta Jamin Ketersediaan Beras Selama Ramadan
Bulog Diminta Jamin Ketersediaan Beras Selama Ramadan
A A A
JAKARTA - Pengamat Kebijakan Pangan Bustanul Arifin mengatakan, Badan Urusan Logistik (Bulog) harus menjamin ketersediaan beras selama Ramadan dan Lebaran aman, sehingga masyarakat tidak khawatir.

Sejauh ini Bulog sudah memastikan ketersediaan pasokan beras hampir dua juta ton. Bustanul mengatakan, dia tidak ingin kejadian demand beras lebih tinggi dari supply terulang lagi seperti tahun-tahun sebelumnya jelang Ramadan dan Lebaran.

"Stok beras, saya tanya kata orang Bulog masih aman, memang tidak melimpah tapi kalau hampir dua juta ton kabarnya ada. Jadi dengan kondisi sekarang menurut saya oke. Yang penting jangan sampai seperti tahun-tahun sebelumnya, yang masyarakat susah beras menjelang hari raya," terangnya, Jakarta, Rabu (18/5/2016).

(Baca: Jelang Ramadan, Harga Beras Diperkirakan Naik 10%)

Namun, perhatian pemerintah perlu dipetakan untuk November dan Desember. Hal ini karena dikhawatirkan jika manajemen stok tidak berjalan dengan baik, Bustanul khawatir akan ada kenaikan harga.

"Dan kita paham pada November-Desember sampai Januari itu sensitif. Kalau pemerintah mengantisipasi dengan baik mungkin kalau pun ada pergerakan tidak akan signifikan‎," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5043 seconds (0.1#10.140)