Menteri Rini Mantap Tunjuk Pertamina Jadi Holding BUMN Energi

Senin, 23 Mei 2016 - 14:52 WIB
Menteri Rini Mantap Tunjuk Pertamina Jadi Holding BUMN Energi
Menteri Rini Mantap Tunjuk Pertamina Jadi Holding BUMN Energi
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno semakin mantap menunjuk PT Pertamina (Persero) sebagai induk dalam holding BUMN energi. Dengan menjadi induk BUMN energi, menurutnya keuangan Pertamina akan semakin gagah.

(Baca Juga: Kadin Desak Pemerintah Realisasikan Holding BUMN Energi)

Dia mengatakan, saat ini keuangan Pertamina sendiri sudah sangat kuat dan mampu menyokong modal untuk proyek pengembangan kilang di dalam negeri. Namun, dengan terbentuknya holding energi maka BUMN minyak dan gas (migas) ini diyakini akan semakin besar lagi.

"Jadi dalam dua tahun terakhir ini kekuatan Pertamina sangat besar. Diharapkan dengan bertindak sebagai holding dengan masuknya BUMN maka akan lebih kuat lagi kemampuan keuangan dari Pertamina. Mudah-mudahan ini bisa terwujud," katanya di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (23/5/2016).

(Baca Juga: Holding BUMN Energi, PGN Bakal Jadi Anak Usaha Pertamina)

Apalagi, sambung mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan ini, Pertamina ke depannya akan melakukan investasi besar-besaran untuk meningkatkan kapasitas kilang dalam negeri, serta membangun beberapa program kilang. "Tapi yang kita lakukan ini tentunya kerja sama dengan pihak luar. Karena harapannya ada investasi yang datang dari luar," imbuh dia.

Sementara terkait perkembangan pembentukan holding BUMN energi sendiri, tambah Rini, saat ini Peraturan Pemerintah (PP) mengenai holding BUMN tersebut telah masuk tahap finalisasi. Diperkirakan, PP akan selesai dalam waktu satu bulan kedepan.

"Holding company sudah masuk tahap final. PP nya sedang diproses Kementerian Hukum dan HAM. Jadi Insya Allah dalam waktu satu bulan selesai," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5918 seconds (0.1#10.140)