Tingkatkan Kompetensi, Vokasi UI Berikan Pelatihan Penulisan Ilmiah bagi Guru se-Jabodetabek

Minggu, 28 Mei 2023 - 18:48 WIB
loading...
Tingkatkan Kompetensi, Vokasi UI Berikan Pelatihan Penulisan Ilmiah bagi Guru se-Jabodetabek
Vokasi Universitas Indonesia memberikan pelatihan penulisan artikel ilmiah kepada para guru SMA dan SMK se-Jabodetabek. Foto/Dok/Vokasi UI
A A A
JAKARTA - Vokasi Universitas Indonesia (UI) memberikan pelatihan penulisan artikel ilmiah kepada para guru SMA dan SMK se-Jabodetabek. Pelatihan yang diikuti lebih dari 90 guru se-Jabodetabek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya menyatakan bahwa untuk kenaikan jabatan atau pangkat guru dinilai dari publikasi ilmiah.



Melihat adanya kebutuhan tersebut, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) berupa pelatihan penulisan dan publikasi artikel ilmiah.

Pengmas bertajuk “Pelatihan Kiat Menulis dan Publikasi Artikel Ilmiah bagi Guru SMA/SMK/Sederajat” ini diadakan di Auditorium Vokasi UI, pada Rabu (17/5/2023). Menurut Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat Vokasi Universitas Indonesia (UI), Ari Nurfikri, S.K.M., M.M.R., kegiatan tersebut diinisiasi guna mendorong lahirnya berbagai karya ilmiah dari para guru.

Pelatihan yang diikuti lebih dari 90 guru se-Jabodetabek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru. Sebagai pemateri, dosen Program Studi Akuntansi, Heri Yuliyanto, S.Si., M.Kom., menjelaskan beberapa manfaat penulisan artikel ilmiah.



Pertama, melatih pengembangan keterampilan membaca yang efektif. Kedua, melatih penggabungan hasil bacaan dari berbagai sumber. Ketiga, memperkenalkan pada aktivitas kepustakaan. Keempat, meningkatkan pengorganisasian fakta atau data secara jelas dan sistematis, serta memperoleh kepuasan intelektual.

Selain itu, ia juga memberikan sejumlah tips dalam membuat karya tulis ilmiah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih topik artikel ilmiah dan menentukan judul yang menarik.

Untuk memperkaya tulisan, ia menyarankan agar penulis memperbanyak membaca referensi serta mengikuti pedoman penulisan artikel—manuskrip. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menghindari plagiarisme dan berkolaborasi dalam penulisan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)