Pilih Rosneft di Kilang Tuban, Ini Pertimbangan Pertamina

Kamis, 26 Mei 2016 - 21:53 WIB
Pilih Rosneft di Kilang Tuban, Ini Pertimbangan Pertamina
Pilih Rosneft di Kilang Tuban, Ini Pertimbangan Pertamina
A A A
JAKARTA - PT Pertamina memutuskan melakukan kerja sama dengan perusahaan asaI Rusia, Rosneft. Kerja sama ini dipercaya akan menguntungkan kedua belah pihak baik dari sisi perusahaan dan negara.

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan, OJSC Rosneft Oil Company telah menunjukkan komitmen untuk membantu Pertamina dan Indonesia dalam mencapai tujuannya. Pihaknya memiliki enam penilaian terhadap perusahaan asal Rusia tersebut sehingga dipilih sebagai partner kerja sama di kilang Tuban.

"Setelah melalui proses seleksi yang ketat dan komprehensif dalam pemilihan strategic partner. Antara lain adalah kemampuan mensuplai crude (minyak mentah), jadi dia memiliki sumber crude," ujarnya di Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Kemudian, lanjut Dwi, Rosneft memiliki struktur keuangan yang kuat. Jika tidak, maka mereka tidak akan bisa melakukan investasi di negara lain.

"Kemudian aspek finansial, struktur keuangan kuat kalau enggak kuat, enggak bisa investasi. Lalu Pengalaman operasional kilang," katanya.

Dia mengemukakan, Rosneft juga memiliki segudang pengalaman dalam kerja sama dengan perusahaan minyak dan gas dari negara-negara lain. Selanjutnya menguasai teknologi.

"Pengalaman go international, investasi di luar negeri. Selanjutnya, pengalaman membangun kilang, menguasai teknologi. Keenam strategic fit dengan Pertamina, sejalan," pungkasnya.

Kendati demikian, Pertamina tetap menjadi mayoritas dalam kilang Tuban dengan maksimal 55% dan ditargetkan selesai 2022. Sementara nilai investasi proyek ini sekitar USD12 miliar-USD13 miliar.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4903 seconds (0.1#10.140)