BI Perkirakan Inflasi pada Mei 0,19%

Jum'at, 27 Mei 2016 - 20:01 WIB
BI Perkirakan Inflasi pada Mei 0,19%
BI Perkirakan Inflasi pada Mei 0,19%
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi Indonesia pada Mei 2016 sebesar 0,19%. Hal tersebut disampaikan Gubernur BI Agus DW Martowardojo.

Dia mengungkapkan, besaran tersebut berdasarkan hasil survei pemantauan harga yang dilakukan BI terhadap laju Indeks Harga Konsumen (IHK) hingga pekan ketiga Mei 2016. Meski demikian, inflasi sepanjang tahun ini masih akan tetap terjaga dengan baik.

"Dari hasil survei kami diperkirakan inflasi ada di 0,19%. Jadi, tahunannya bisa di 3,3%. Ini masih terkendali," ujarnya di Gedung BI, Jakarta, Jumat (27/5/2016).

Agus mengatakan inflasi yang tak begitu tinggi ini disebabkan karena beberapa rangkaian volatile food terjadi penurunan harga."Misalnya pada jenis cabai. Kami melihat bahwa tekanan di hortikultura seperti cabai sudah lebih turun," ucapnya.

Meski cabai turun harga, namun BI dan pemerintah tetap mencermati fluktuasi harga pada komoditas lain, seperti daging ayam yang masih meningkat, apalagi menjelang Ramadhan. "Kita melihat, untuk daging ayam memang masih mesti diperhatikan," imbuhnya.

Mantan Menteri Keuangan ini tetap meyakini bahwa inflasi yang diperkirakan BI di 4 plus minus 1% bakal tidak bergeser dari arahnya meskipun ada beberapa komoditi yang harganya naik. "Kami masih optimistis target 4% plus minus 1% masih akan bisa dicapai," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9210 seconds (0.1#10.140)