Bos PLN Pasrah ESDM Ancam Ambil Tender Listrik 35 Ribu MW

Senin, 30 Mei 2016 - 15:21 WIB
Bos PLN Pasrah ESDM Ancam Ambil Tender Listrik 35 Ribu MW
Bos PLN Pasrah ESDM Ancam Ambil Tender Listrik 35 Ribu MW
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir pasrah jika Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengambil alih proses lelang pembangkit listrik untuk proyek 35.000 MW dari PLN.

(Baca: ESDM Ancam Ambil Alih Proses Lelang Listrik 35.000 MW)

Menurutnya, semua wacana yang dilontarkan pemerintah sah-sah saja, apalagi memiliki kewenangan atas pihaknya. Bahkan, jika mau menutup PLN dia tidak keberatan. "Boleh kalau ada wacana itu. Boleh-boleh saja, kalau mau nutup PLN juga boleh. Menteri kan punya kewenangan," ujarnya di Jakarta, Senin (30/5/2016).

Dia mengatakan, diambil alih atau tidak proses tender belum tentu berpengaruh ke perusahaan. PLN tetap akan menyerahkan keputusan kepada kementerian yang melemparkan wacana tersebut. "Terserah menterinya. Itu kan kebijakan sektoral. Kalau korporat kan ke Menteri BUMN, yang gitu-gitu basi," pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian ESDM mengancam akan mengambil alih proses lelang pembangkit listrik untuk proyek 35.000 MW, jika PLN tidak segera mengubah cara kerjanya dan segera mempercepat proses lelang. Pasalnya, jika PLN tidak segera memproses lelang maka proyek prestisius tersebut terancam molor dari target 2019.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM Sujatmiko menuturkan, pemerintah saat ini tengah berpikir untuk mencari pola pengadaan dan lelang yang lebih cepat. Skema pengadaan tersebut bisa dilakukan pemerintah langsung atau melalui badan usaha.

"‎Ada pemikiran lelang (pembangkit listrik 35.000 MW) lebih cepat bagaimana. Apabila PLN tidak melakukan dengan cepat seperti yang diharapkan, maka kita akan mencoba mencari pola pengadaan yang lebih cepat. Apakah nanti pemerintah langsung atau badan usaha langsung," kata dia di Kantor Kementerian ESDM pekan lalu.

Baca Juga:

BPK Ajak Kementerian dan PLN Bahas Proyek Listrik 35 Ribu MW
BPK: Proyek Listrik 35 Ribu MW Terkendala Pembebasan Lahan
BPK Soroti Mandeknya Proyek Listrik 10 Ribu MW Era SBY
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3091 seconds (0.1#10.140)