Kenaikan Harga Sembako Jadi Perhatian Menko Maritim Rizal Ramli

Senin, 30 Mei 2016 - 17:21 WIB
Kenaikan Harga Sembako Jadi Perhatian Menko Maritim Rizal Ramli
Kenaikan Harga Sembako Jadi Perhatian Menko Maritim Rizal Ramli
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli menilai, harga bahan kebutuhan pokok (sembako) di Tanah Air dua pekan belakangan ini memang cukup stabil. Namun, stabilitas harga sembako tersebut masih berada pada level yang tinggi.

Artinya, kata dia meskipun harganya cenderung stabil namun jika dibandingkan dengan periode dua bulan lalu ataupun tahun lalu harganya terbilang cukup tinggi. "Dibandingkan tahun lalu, dua bulan lalu, ini (harga sembako) sudah naik duluan. Jadi stabil pada harga tinggi," ungkapnya di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (30/5/2016).

(Baca Juga: Kendalikan Harga Sembako, Kemenhub Cabut Larangan Truk Pangan)

Dia menambahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan agar pengendalian harga bahan kebutuhan pokok tidak hanya fokus pada stabilitas. Namun, juga pengendalian jharus dilakukan dengan menurunkan harga sembako hingga pada batasan yang wajar.

"‎Stabil aja nggak cukup, harus diturunkan. Itulah kenapa presiden perintahkan harga daging harus turun Rp80 ribu per kg dan seterusnya karena pemerintah dapat merasakan kesulitan yang dihadapi oleh rakyat biasa. Dan ada caranya agar harga itu bisa diturunkan,‎" imbuh dia.

Mantan Menko bidang Perekonomian ini menilai, program Tol Laut yang diusung Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi salah satu cara yang efektif untuk menurunkan harga sembako, khususnya di wilayah remote area. Apalagi, disparitas harga sembako yang terjadi di Indonesia Timur dan Indonesia Barat terlalu jauh.

"Ada Lebaran atau tidak ada Lebaran, harga di Indonesia Timur itu lebih tinggi. Tapi dengan adanya tol laut ini turun 24%, ini manfaat yang paling besar dari Tol Laut," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6034 seconds (0.1#10.140)