Rizal Ramli Ingatkan PLN Hati-hati Pakai Kontraktor China

Selasa, 31 Mei 2016 - 15:13 WIB
Rizal Ramli Ingatkan PLN Hati-hati Pakai Kontraktor China
Rizal Ramli Ingatkan PLN Hati-hati Pakai Kontraktor China
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengingatkan, kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk berhati-hati terhadap kontraktor asal China sebagai rekanan dalam proyek listrik 35.000 megawatt (MW). Pasalnya dia menilai teknologi yang dipakai China kerap bermasalah seperti yang terjadi pada proyek listrik terdahulu.

"Mereka (PLN) harus hati-hati dengan China. Pertama karena pengalaman listrik sebelumya 10.200 MW, saat mayoritas menggunakan teknologi China yang justru kebanyakan hampir mengalami masalah maintainance. Dan kalau tadinya digantikan kapasitas 100% ternyata hanya 70-80% sehingga biaya maintainance naik," jelas dia di Gedung BPK, Jakarta, Selasa (31/5/2016).

(Baca Juga: Rizal Ramli Sebut Proyek 35 Ribu MW Ditangani Pihak Tak Kompeten)

Lebih lanjut menurutnya kontraktor asal China juga kerap melakukan kecurangan saat PLN membeli sparepart atau suku cadang untuk pembangkit listrik. "Ini bisa terjadi kalau kita beli barang di China, kita teken mau yang KW 1 tapi mereka deliver hanya KW 2 atau KW 3 dan, orang kita tidak teliti soal spesifikasinya," tuturnya.

Guna tidak mengulang kesalahan yang sama, dia menyarankan kepada PLN menggunakan quality control (QC) dari negara seperti Jerman atau Austria yang ketat dalam spesifikasi barang. Selain itu PLN juga diminta untuk mendiversifikasi negara asal kontraktor yang digunakan dan jangan terlalu mempertimbangkan harga saja, tapi juga kualitas.

"Kalau inginkan barangnya KW1, maka yang dikirim KW1. Mohon maaf jika diberikan kepada perusahaan asal-asalan, pada akhirnya PLN yang rugi. Jadi lebih baik untuk quality control coba kita gunakan dari Jerman atau Austria yang bisa dipastikan kualitasnya," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7628 seconds (0.1#10.140)