Menduga Tradisi Pernikahan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif

Kamis, 01 Juni 2023 - 09:29 WIB
loading...
Menduga Tradisi Pernikahan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif
Tradisi Yordania termasuk zaffeh dan menggunakan pedang pusaka untuk memotong kue, seperti yang terlihat pada pernikahan Putri Iman pada bulan Maret. (Getty Images/arab news)
A A A
JEDDAH - Hari ini, Kamis 1 Juni 2023, adalah hari pernikahan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II dari Yordania dengan Rajwa Al-Saif dari Arab Saudi . Penduduk Yordania berkumpul untuk merayakan pernikahan tersebut. Pada hari ini menjadi hari libur bagi negeri Islam tersebut.

Pemerintah telah memasang layar besar di beberapa titik di seluruh negeri. “Bagi warga Yordania dari generasi saya yang menyaksikan upacara pernikahan Raja Abdullah II pada tahun 1993, banyak sekali kenangan yang akan muncul kembali," ujar seorang produser Kantor Berita Xinhua, yang berbasis di Amman.

"Serupa dengan itu, sebagian besar warga Yordania dan ekspatriat di Yordania akan terpaku pada televisi untuk berbagi momen ajaib," katanyasebagaimana dilansirArab News pada Rabu 31 Mei 2023.

Nazal, yang merupakan keturunan Yordania dan Lebanon , mencatat penyatuan dua budaya yang akan dihasilkan oleh pernikahan kerajaan. “Pasangan muda ini membawa energi dan kegembiraan ke Yordania saat Arab Saudi membuka diri terhadap dunia dan begitu banyak yang bertanya-tanya… tentang budaya, komunitas, dan tradisi Saudi."

“Sebagai orang Arab campuran, saya mendukung pencampuran budaya, warisan, dan ideologi,” tambahnya.



Di Arab Saudi, mahasiswa kedokteran Yordania Abdullah Al-Khasawinah, mengatakan dia akan menonton cuplikan pernikahan di waktu luangnya.

“Saya telah menantikan ini sejak mereka mengumumkan pertunangan mereka, ini adalah waktu yang sangat menyenangkan bagi semua warga Yordania," katanya.

Al-Khasawinah, yang telah melakukan perjalanan bolak-balik antara kedua negara hampir sepanjang hidupnya, menambahkan: “Bahkan sebelum pernikahan ini, orang Yordania dan Saudi memiliki banyak kesamaan dalam hal tradisi dan adat istiadat."

“Saya merasa seperti pernikahan… membujuk setiap budaya untuk belajar lebih banyak tentang yang lain.”

Mahasiswa kedokteran Yordania yang berbasis di Riyadh, Nour Odeh, mengatakan: “Apa yang khas dari pernikahan ini adalah bahwa pernikahan ini tidak hanya akan menyatukan orang Yordania, tetapi juga orang Saudi.

Tradisi Pernikahan

Lalu, tradisi pernikahan apa yang akan dipilih keduanya? Arab News menyebut praktik pernikahan berbeda di seluruh Arab Saudi, tetapi Al-Saif kemungkinan besar akan mengikuti tradisi Najdi karena keluarganya berasal dari Sudair dan tinggal di Riyadh, keduanya berada di wilayah Najd.

Najdi Atheer Alhowaish yang lahir dan dibesarkan berbicara kepada Arab News tentang tradisi pernikahan yang sudah lama ada di kawasan itu.

“Tehwal adalah pesta makan malam di rumah mempelai pria sehari setelah pernikahan. Keluarga mempelai pria mengundang orang-orang di pesta pernikahan ke Tehwal untuk menyambut mempelai wanita di keluarga mereka,” jelas Alhowaish.



Demikian pula, zowarah adalah bentuk perayaan lain yang diselenggarakan oleh keluarga mempelai pria atau keluarga mempelai wanita setelah pengantin baru kembali dari bulan madu.
Menduga Tradisi Pernikahan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif

Ada juga praktik mempelai pria memberikan emas kepada ibu mempelai wanita atau perhiasan lain yang ditawarkan di antara buket hadiah yang lebih luas yang disebut shabka.

Sementara banyak tradisi budaya telah berkembang, Abdulrahman Mashbri – pemilik La Memorias, agen acara mewah di Riyadh – mengatakan kepada Arab News bahwa dia telah melihat beberapa perubahan dalam beberapa tahun terakhir.

“Beberapa keluarga sekarang meminta pernikahan mereka dilakukan di luar Kerajaan, seperti di Paris atau Dubai. Anggaran dapat berkisar dari SR100.000 (US$26.665) hingga 25-30 juta riyal.

“Selain itu, beberapa calon mempelai yang saling berkerabat mencari keunikan, bukan dengan memilih tempat atau orisinalitas desain, melainkan dengan merayakan pernikahan mereka bersama dalam satu malam,” ujarnya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)