Ekspor ke Eropa Terbatas, Jateng Bidik Australia

Rabu, 15 Juni 2016 - 04:57 WIB
Ekspor ke Eropa Terbatas, Jateng Bidik Australia
Ekspor ke Eropa Terbatas, Jateng Bidik Australia
A A A
SEMARANG - Permintaan ekspor produk-produk dari Jawa Tengah belum cukup stabil. Permintaan dari negara-negara utama tujuan eksport Jateng masih sangat terbatas.

“Ekspor yang cukup stabil ke Amerika, sementara untuk negara-negara Eropa permintaannya masih terbatas,” kata Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jateng, Frans Kongi, Selasa (14/6/2016).

Dia menyebutkan, kondisi perekonomian global belum sepenuhnya stabil sehingga ekspor produk-produk dari Jateng belum menunjukan pertumbuhan yang baik. Produk unggulan Jateng untuk ekspor masih tekstil dan barang tekstil, furnitur dan hasil industri.

“Pelemahan ekonomi tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga di luar negeri. Kondisi ini berdampak pada penurunan permintaan barang dari negara-negara tujuan ekspor,” ujarnya.

Dengan masih belum adanya pertumbuhan permintaan, saat ini kalangan industri sedikit mengerem produktivitasnya. Produk dilakukan hanya untuk memenuhi permintaan kontrak yang sudah ada. “Kami tidak berani melakukan stok produk karena memang kondisinya seperti ini, semua belum stabil,” sambungnya.

Frans menambahkan, saat ini untuk permintaan dalam negeri juga belum terlalu baik. Bahkan menjelang Idul Fitri permintaan meningkat tidak lebih dari 5%. “Tahun ini masih seperti tahun 2015 lalu dimana permintaan dalam negeri menjelang lebaran hanya mengalami peningkatan cukup kecil,” imbuhnya.

General Manager PT Sandang Asia Maju Abadi, Deddy Mulyadi Ali menambahkan, sejumlah perusahaan garmen di Jawa Tengah terus mencari celah pasar baru untuk memasarkan produk mereka di pasar luar negeri. Beberapa negara dianggap potensial adalah Selandia Baru dan Australia.

“Saat ini ekspor terbesar untuk garmen masih dengan tujuan Amerika dan Eropa, sementara untuk negara-negara lain masih sangat kecil,” katanya.

Dia menambahkan, ekspor Jateng saat ini masih cukup lemah di wilayah ASEAN. Contohnya ekspor ke kawasan ASEAN selama Januari-Maret 2016 baru mencapai USD102,13 juta atau berkontribusi sebesar 7,65 % terhadap total ekspor Jawa Tengah.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6116 seconds (0.1#10.140)