Menkeu Inggris Akui Brexit Bisa Bikin Ekonomi Melemah

Senin, 27 Juni 2016 - 14:54 WIB
Menkeu Inggris Akui Brexit Bisa Bikin Ekonomi Melemah
Menkeu Inggris Akui Brexit Bisa Bikin Ekonomi Melemah
A A A
LONDON - Menteri Keuangan Inggris George Osborne, berbicara di depan umum untuk pertama kalinya sejak referendum dan mengatakan bahwa ekonomi dan keuangan Inggris dinilai akan melemah setelah keluar dari Uni Eropa (Brexit).

Seperti dikutip dari CNN Money, Senin (27/6/2016), kondisi ekonomi Inggris saat ini memang sangat kuat dan memiliki rencana kontinjensi yang kuat untuk menangani dampak keuangan. Namun, hal tersebut tidak akan berjalan mulus untuk ke depannya.

"Hal ini sudah jelas bahwa sebagai akibat dari keputusan (keluar dari Uni Eropa), beberapa perusahaan mengambil keputusan untuk berhenti berinvestasi dan mempekerjakan orang-orang. Hal ini akan berdampak pada perekonomian dan keuangan publik," kata Osborne.

Sebelum mengambil keputusan Brexit, Osborne memperingatkan bahwa Brexit bisa kehilangan USD43 miliar, yang membutuhkan anggaran darurat untuk menetapkan kenaikan pajak atau pemotongan belanja.

Dia mengatakan, respons terhadap pertumbuhan dan pendapatan lemah harus menunggu setidaknya tiga bulan sampai Perdana Menteri baru telah terpilih.

Perdana Menteri Inggris, David Cameron yang berkampanye agar Inggris untuk tetap menjadi anggota Uni Eropa, mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada Jumat kemarin/ Namun, dia akan tetap bekerja sebagai pemimpin sementara dari pemerintah sampai penggantinya dapat dipilih pada Oktober.

"Saya mengatakan, harus ada tindakan untuk menangani dampak pada keuangan publik, tapi itu harus menunggu perdana menteri baru," kata Osborne.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5740 seconds (0.1#10.140)